Batu Panco Wakil RL

penghargaan lomba desa tingkat kabupaten Rejang LebongCURUP, BE – Desa Batu Panco Kecamatan Curup Utara terpilih menjadi wakil Kabupaten Rejang Lebong (RL) pada ajang lomba desa se-Provinsi Bengkulu pertengahan Juni 2013 mendatang. Batu Panco berhasil menyisihkan 122 desa di RL dalam lomba desa tingkat Kabupaten RL dan berhasil meraih juara pertama. “Kami tidak menyangka bisa terpilih menjadi juara, padahal desa lain juga banyak yang bagus-bagus,” tutur Kades Batu Panco Hanafi Rodi, Jumat (31/05).
Dijelaskannya, beberapa bulan yang lalu tim dari berbagai unsur instansi terkait di Rejang Lebong melakukan penilaian terhadap desa yang memiliki situs sejarah batu berbentuk meja tersebut. “Banyak yang dinilai, mulai dari administrasi desa, keamanan, kebersihan, kerapian desa. Kami sudah mempersiapkan sedemikian rumah, hasilnya cukup membanggakan masyarakat kami,” jelas Hanafi.
Bahkan salah satu rumah warga desa setempat, yakni rumah yang ditempati Mislawati terpilih menjadi rumah sehat tingkat kabupaten, karena dinilai memiliki kriteria rumah sehat. Meski sederhana dan tidak mewah, rumah tersebut memiliki sarana air besih yang memadai, pembuangan limbah yang baik, serta tertata rapi bahkan memiliki tanaman obat di halaman rumah. “Harapan kami nanti rumah tersebut bisa dicontoh masyarakat, sehingga penghuni rumah juga sehat dan terhindar dari penyakit,” harap Kades.
Pada ajang pemilihan lomba desa tingkat Provinsi Bengkulu nantinya, berbagai persiapan telah dilakukan unsur masyarakat seperti Badan Musyawarah Adat, perangkat agama, LKMD desa. Pantauan wartawan, gotong royong dilakukan masyarakat di desa tersebut seperti mengecat jalan, pagar dan penataan taman desa. “Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah Kabupaten RL, pihak kecamatan, masyarakat dan desa tetangga yang juga mendukung kami,” tutur Kades. (999)