Batas 20 Desa/Kelurahan Tuntas Tahun Ini

CURUP, BE – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) hingga akhir 2012 mendatang, dipastikan selesai penetapan serta penegasan tapal batas wilayah 20 desa dan kelurahan yang ada di RL.  Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) RL, Sonkarnain SSos, kepada wartawan Jum’at (23/11) menerangkan, tahun 2010 pemerintah daerah sudah menyelesaikan batas wilayah sebanyak 10 desa/kelurahan, tahun 2011 sebanyak 5 desa, sedangkan, untuk tahun 2012 sebanyak 5 desa/kelurahan, diantaranya, Kelurahan Kepala Siring, Kelurahan Pasar Tengah, Kelurahan Talang Rimbo Baru, Kelurahan Dwi Tunggal dan terakhir Kelurahan Air Putih Lama.

“InsyaAllah, minggu depan, penetapan dan penegasan batas desa kelurahan ini akan selesai untuk tahun anggaran 2012, yaitu di Kelurahan Air Putih Lama Kecamatan Curup,” ujar Sonkarnain.
Dijelaskan Sonkarnain, hal ini dilaksanakan sesuai amanah Permendagri nomor 27 tahun 2006 tentang penetapan dan penegasan batas wilayah Administrasi desa/kelurahan. “Hingga tahun 2012 ini, dari seluruh Desa dan kelurahan yang ada di RL, sudah tercatat sebanyak 20 desa yang ditetapkan dan ditegaskan batas desa dan kelurahannya,” ujar Sonkarnain.

Selain itu, Sonkarnain juga mengatakan bahwa, kegiatan ini akan terus dilakukan secara terus menerus dan bertahap. Bahkan, jika tahun depan mendapatkan dukungan dana lebih, kegiatan penetapan batas desa kelurahan ini akan dilakukan di lebih dari 5 desa atau kelurahan. “Secara bertahap akan kita laksanakan hingga mencakup seluruh desa dan kelurahan di 15 kecamatan yang ada,” ujar Sonkarnain.
Untuk itu, lanjut Sonkarnain, pihaknya sangat berharap agar kegiatan ini dapat di dukung penuh dari seluruh pihak,mulai dari anggaran hingga saat pelaksanaannya di lapangan. Sehingga, amanah Permendagri 27 tahun 2006 ini akan terealisasi dengan baik. “Dengan di tegaskannya batas desa dan kelurahan ini diharapkan agar tidak ada polemik batas daerah antara desa kelurahan di kemudian hari,” ujar Sonkarnain. (999)