Baru Dibangun, Jalan Bergelombang

jalan
BENTENG, BE – Apakah dikarenakan beban kendaraan yang melintas melebih tonase atau kualitas pembangunan yang sangat rendah, yang jelas saat ini jalan milik provinsi Bengkulu yang baru dibangun sudah rusak. Jalan  yang terdapat dari Simpang Pondok Kubang, Simpang Kroya dan Plajau itu kini kondisinya  sudah bergelombang. Padahal baru dibangun pada tahun 2013 lalu.
Seperti yang diutarakan tokoh masyarakat di Desa Plajau Kecamatan Pagar Jati, Jalaludin (50). Ia mengungkapkan, kondisi jalan yang sudah bergelombang itu jelas membuat jalan lintas dari Kecamatan Pondok Kubang hingga  Pagar Jati ini tidak akan bertahan lama.
”Belum setahun dibangun, kondisinya sudah mulai bergelombang,” akunya.
Menurutnya, kondisi jalan yang bergelombang itu tidak hanya terdapat pada satu titik saja. Melainkan, ada beberapa titik di jalan provinsi itu sjuga udah mulai rusak. Selain itu, pembangunan jalan itu juga dilakukan sepotong – potong. Seperti, ada jalan yang sudah diaspal hotmix dan ada pula yang belum diaspal.
“Disamping itu, dibagian sisi jalan ini tidak dibangun siring. Sehingga, jika hujan maka akan merusak jalan ini,” terangnya.
Harapannya, kedepan jika dilakukan pembangunan harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada. Sehingga, jalan yang dibangun dapat bagus dan bertahan lama. Sebab, pembangunan jalan provinsi ini tidak mungkin dilakukan setiap tahun.
“Bukan kita mengkritik namun demi bertahan lamanya jalan lintas ini karena memang sangat dibutuhkan masyarakat,” harapnya.
Terpisah, Kepala Dinas PU Benteng,  Rahmat Riyanto, ST mengaku belum mengetahui jika kondisi jalan provinsi itu telah bergelombang dan rusak. Justru ia mendapatkan informasi setelah ditanyai oleh media massa.  “Saya saja baru tahu, jika jalan yang baru dibangun tahun 2013 lalu sudah bergelombang dan rusak,” akunya.
Terkait hal itu, sambung Rahmat, Dinas PU akan berkoordinasi dengan pihak Dinas PU Provinsi Bengkulu. Soalnya, pembangunan jalan provinsi di Kecamatan Pondok Kubang itu dilakukan oleh Dinas PU Provinsi Bengkulu. Selain itu, pad atahun 2014 ini, pembangunan jalan tersebut, kembali dilanjutkan dari Simpang Plajau ke Kecamatan Pagar Jati. (111)