Baru 50 Perrsen DD Tahap III Dicairkan


Dekcy Zulkarnaen S Sos

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Meskipun saat ini sudah lewat pertengahan bulan September.Namun masih banyak desa-desa di Bengkulu Selatan (BS) belum mencairkan dana desa (DD) tahap ke-3.“ Yang sudah mencairkan DD tahap ke-3 baru 72 desa, atau 50 persen,” kata Pelaksana tugas (plt) Kepala Badan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) BS,Decky Zulkarnaen S Sos.

Decky mengaku, dari 142 desa se BS, masih ada 70 desa lagi yang belum mencairkan DD tahap ke-3. Ke-70 desa yang belum mencairkan DD tahap ke-3 lantaran belum menyampaikan permohonan pencairan. Sedangkan untuk penyampaian permohonan tersebut, harus sudah menyampaikan realisasi DD tahap ke-2.

“ Semakin cepat mereka menyampaikan permohonan pencairan DD tahap ke-3, semakin cepat pula DD tahap ke-3 di distribusikan,” ujarnya.

Khusus dana kelurahan, Decky mengaku hingga saat ini belum ada satu kelurahan pun dari 16 kelurahan se BS yang mencairkannya. Padahal sudah masuk ke kas daerah beberapa bulan lalu. Dana kelurahan yang masuk ke rekening kas daerah sebesar Rp 5,9 Miliar. Sehingga, jika tidak dicairkan oleh semua kelurahan, maka dana tersebut akan menjadi sisa lebih penggunaan anggarabn (silpa). “ Khusus dana kelurahan, hingga saat ini belum ada satu kelurahan pun yang mencairkannya, jika tidak dicairkan,maka akan menjadi silpa,” demikian Decky. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*