Baru 489 PP Rekam E-KTP

Shalahuddin Al Khidhr SE
== Shalahuddin Al Khidhr SE==

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Hingga saat ini, baru 489 orang Pemilih Potensial (PP) dari jumlah 5.353 orang warga yang baru selesai melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP sehingga masih 4.864 orang yang belum melakukan perekaman. Sementara waktu penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tinggal 15 hari lagi.

Masih banyaknya masyarakat yang berpotensial menjadi pemilih namun belum memiliki E-KTP sebanyak 5.353 dari hasil rapat Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2019. Untuk itulah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong bekerjasama dengan langsung turun kelapangan melakukan perekaman di 93 Desa dan 11 Kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong sejak 23 juli 2018, namun diketahui masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP.



Ketua KPU Lebong Shalahuddin al Khidhr SE, mengatakan bahwa dari hasil tanggapan masyarakat dan perekaman di beberapa kecamatan memang didapat sebanyak 4.864 orang yang belum melakukan perekaman. “Hingga saat ini masih dilakukan perekaman,” jelasnya, kemarin (02/08).

Masih banyaknya masyarakat yang belum melakukan perekaman, agar bisa melakukan perekaman sehingga bisa berpartisipasi di Pemilihaun Umum 2019 mendatang. Dimana sebelumnya telah mengumumkan nama-nama pemilih potensial yangbelum memiliki E-KTP di tempel di setiap desa atau kelurahan.

“Tanggal 15 hingga 16 Agustus 2018, Panita Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa mulai melakukan pleno DPT,” sampainya.

Ditambahkan Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dukcapil Lebong, Drs Budi Setiawan, untuk melakukan perekaman pihaknya langsung turun kelapangan dengan membentuk 3 tim yang secara bergantian mendatangi setiap Desa dan Kelurahan dimana sebelumnya pihak KPU telah menginstruksikan kepada pihak PPS dan PPK untuk menyampaikan kepada masyarakat perangkat desa juga bisa aktif menyampaikan.

“Kami juga telah menyampaikan baik nama maupun alamat yang belum melakukan perekaman kepada pihak Desa atau Kelurahan,” ujarnya

Dengan datangnya langsung pihak Dukcapil untuk melakukan perekaman E-KTP, Budi sangat berharap antusias untuk melakukan perekaman di tempat-tempat yang telah disediakan di masing-masing Desa atau Kelurahan. “Sempatkan terlebih dahulu untuk melakukan perekaman, walaupun masih ada kesibukan karena ini sangatlah penting,” ajaknya.(614)