Baru 25 Desa Cairkan DD

Decky Zulkarnaen S Sos

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dari 142 desa se Bengkulu Selatan (BS), ternyata baru beberapa desa saja yang sudah mencairkan dana desa (DD). Sedangkan desa lain belum di proses. “ Baru 25 desa yang DD nya sudah cair,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) BS, H Sepuan Yunir S Sos Msi melalui sekretarisnya, Decky Zulkarnaen S Sos.

Decky mengatakan, ke-25 desa tersebut yakni di Kecamatan Manna ada 9 desa yaitu Desa Gunung Kembang, Tanjung Raman, Lubuk Sirih Ulu, Lubuk Sirih Ilir, Melao, Jeranglah Rendah, Kembang Ayun, Padang Pandan, dan Ketaping. Kecamatan Pino Raya 3 desa yakni Talang Padang, Tungkal 2 dan Kemang Manis. Kecamatan Ulu Manna 2 desa yakni Lubuk Tapi dan Kayu Ajaran.

Kecamatan Bunga Mas 1 desa yakni Tumbuk Tebing. Kecamatan Pasar Manna 1 desa yakni Desa Batu Lambang. Kecamatan Kedurang 3 desa yakni Keban Agung 1 , Keban Agung 2 dan Muara Tiga. Kecamatan Air Nipis 4 desa yakni Desa Keban Jati, Penandingan, Suka Maju dan Pino Raya. Kecamatan Pino 1 desa yakni Desa Air Umban.

“ Kecamatan Seginim dan Kedurang Ilir belum satupun desa mencairkan DD,” ujarnya.

Adapun desa yang belum mencairkan DD sebanyak 117 lagi. Ke-117 desa ini belum bisa mencairan DD lantaran mereka belum selesai penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Sebab syarat utama pencairan DD adanya APBDes di desa tersebut. “ Kalau desa sudah menyampaikan APBDesnya, maka kami siap memproses pencairan DD,” imbuhnya.



Adapun DD yang cair saat ini yakni DD tahap awal. DD tahap awal cair 20 persen dari total DD yang diterima masing-masing desa. Sedangkan ADD sebesar 40 persen. Untuk itu, dirinya berharap, ke-117 desa tersebut segera menyampaikan APBDesnya masing-masing, agar pihaknya dapat segera menyalurkan DD ke desa tersebut. “ Kami menargetkan April nanti semua desa sudah menyampaikan APBDes dan DD tahap 1 sudah cair semua ke setiap desa di BS,” terang Sepuan.(369)