Baru 20 Perpustakaan Terbentuk

perpustakaanAMEN, BE – Hingga Tahun 2013 Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lebong baru bisa membentuk 20 unit perpustakaan desa sejak tahun 2008 dari total 113 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Lebong, padahal target hingga 2015, 50 persen desa di Kabupaten Lebong harus memiliki perpustakaan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Pusda) Lebong Suhartono SPd MSi kepada wartawan kemarin. “Saat ini di lebong baru terbentuk 20 perpustakaan desa atau kelurahan, target kita ke depan seluruh desa atau kelurahan di lebong ini memiliki perpustakaan sendiri atau minimal setiap tahunnya ada terbentuk perpustakaan desa. Seluruh perpustakaan desa tersebut merupakan bantuan dari Provinsi Bengkulu. Diharapkan tahun ini adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lebong untuk menambah jumlah perpustakaan desa tersebut,” harapnya.

Ditambahkan Suhartono, 20 perpustakaan desa/kelurahan yang ada saat ini baru dilengkapi 342 judul buku sebanyak 1.226 eksemplar. Isi perpustakaan berbeda tiap desa, sebaran buku berdasarkan topografi wilayah, misalnya untuk daerah yang mayoritas warganya petani yang diperbanyak di kawasan tersebut adalah buku-buku mengenai pertanian. Sedangkan untuk pengelolaan perpustakaan desa tersebut dibawah koordinasi perpustakaan daerah Lebong, namun untuk pelaksana teknis diserahkan kepada masing-masing kepala desa dan lurah yang bersangkutan. (777)