Baru 2 Desa Cairkan DD

foto : Deddy Ramdhany

TAIS,Bengkulu Ekspress – Sejauh ini baru dua desa saja sudah mencairkan dana desa tahap 1 2019. Dari sebanyak 182 desa yang ada di Kabupaten Seluma. Dua desa itu, Desa Napalan dan Desa Sungai Petai, Kecamatan Talo Kecil.  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma Deddy Ramdhany SE MSE MA mengatakan, saat ini terus menunggu pengajuan rekomendasi pencairan DD/ADD ini. Agar DD/ADD tahap pertama ini segera ditransfer ke kas desa.

“Kalau kami tidak akan mempersulit. Syarat lengkap DD/ADD kami transfer. Kuncinya rekomendasi dari PMD itulah. Jika sudah ada ajukan segera agar dapat segera kami proses,” kata Deddy.

Lanjutnya, untuk Desa Napalan besaran DD tahap I yang diterima sebesar Rp 147,8 juta dan ADD Rp 112, 8 juta. Sementara untuk Desa Sungai Petai, Rp 161,6 juta untuk DD dan Rp 120,3 juta. “Untuk tahap pertama DD sebesar 40 persen dan ADD sebesar 20 persen,” ujar Deddy. Deddy menyayangkan desa telat menyampaikan pengajuan pencairan DD/ADD tahap pertama ini. Padahal aat ini sudah memasuki minggu terakhir triwulan ke III. Karena, imbas dari keterlambatan pencairan DD/ADD ini akan berdampak juga terhadap realisasi DD/ADD tersebut.



“Harapan kami secepatnya rekomendasi tersebut disampaikan pada kami, agar DD/ADD tersebut cepat direalisasikan, sesuai dengan yang telah direncanakan,” sampai Deddy.

Tambahnya, BPKD meminta desa mengajukan rekomendasi pencairan DD/ADD tahap pertama ini, dengan telah mengirim surat kepada desa. “Surat telah kita kirimkan sejak awal Maret lalu, untuk pencairan DD/ADD tahap pertama ini. Jadi kita tunggu saja, yang jelas rekomendasi keluar DD/ADD kita transferkan ke kas desa,” pungkasnya.(333)