Barcelona Libas Alaves, 3-1

Sempat keteteran di paruh pertama, Barcelona akhirnya berhasil menundukkan Deportivo Alaves 3-1 dalam laga kedua babak 32 besar Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Rabu atau Kamis (29/11/2012) dini hari WIB. Dalam laga perdana, Barca sudah menang tiga gol tanpa balas.

Di hadapan 99.786 pasang mata, entrenador Tito Vilanova menampilkan skuad cadangannya. Seperti biasa, Jose Manuel Pinto dipercaya menggantikan Victor Valdes di bawah mistar Blaugrana, sementara duet lini depan dipasrahkan kepada David Villa dan Cristian Tello.

Pada menit keenam, bek kanan Martin Montoya melakukan solo-run dan mengirimkan umpan kepada Villa. Namun, bola dapat dipotong dan hanya menjadi sepak pojok yang tak berbuah apa-apa.

Vilanova berubah memainkan pola yang tak seperti biasanya. Ia menempatkan Thiago sebagai striker, berpindah dari posisi awalnya sebagai gelandang. Thiago melengkapi trisula Barca, di mana dua pos lainnya sudah ditempati Villa dan Tello.

Pada menit ke-13, Pinto melakukan penyelamatan gemilang, setelah mementahkan sepakan voli jarak jauh Miki.

Tiga menit kemudian, Alaves membuka kemenangan, setelah tandukan Viguera gagal dimentahkan Pinto.

Jelang setengah jam, tepatnya pada menit ke-28, Thiago coba menyamakan kedudukan. Sayang, tembakan jarak jauhnya mudah saja diantisipasi Sergio Herrera.

Semenit kemudian, giliran Adriano Correia yang mengetes ketangguhan Herrera. Kiper Alaves masih lulus dari ujian, setelah membelokkan cannon-ball bek sayap Brasil tersebut hingga keluar lapangan.

Barca terus membombardir. Pada menit ke-31, giliran Villa yang jadi momok pertahanan Alaves. El Guaje lolos dan nyaris melewati Herrera yang berjibaku keluar sarang dan meninju bola keluar lapangan.

Akhirnya, Barca sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-35. Berawal dari umpan terobosan Thiago, Adriano melesakkan bola sekuat tenaga dan gagal diantisipasi Herrera. Skor sementara sama 1-1.

Empat menit jelang turun minum, Thiago kembali ke lapangan tengah dan Villa diposisikan sebagai target-man.

Di paruh kedua, Barca mulai menunjukkan jati dirinya.

Sepuluh menit seusai jeda, Villa mencetak gol indah setelah sepakan bebas lengkungnya gagal ditahan Herrera.

Pada menit ke-56, Alaves sempat mencetak gol balasan, namun wasit Carballo menganulirnya karena telah terperangkap offside.

Tak berapa lama setelahnya, kolaborasi Tello dan Thiago memudahkan Villa mencetak gol keduanya. Herrera pun tak dapat berbuat banyak dan Barca pun unggul 3-1.

Dua menit jelang waktu normal selesai, Barca nyaris mendulang gol keempatnya. Talenta muda Gerard Deulofeu hampir saja menaklukkan Herrera dengan brilian.

Hingga pungkas, Azulgrana sukses mempertahankan kemenangan 3-1. Partisipasi Alaves pun terhenti di babak 32 besar dengan kekalahan total 1-6.(**)