Barca Vs Deportivo, Pestanya Iniesta

VITORIA¬†– Barcelona memulai perjuangan mempertahankan gelar Copa del Rey dengan hasil manis. Bertanding di kandang Deportivo Alaves dalam leg pertama babak 32 besar kemarin, Barca ” sebutan Barcelona menang mudah tiga gol tanpa balas. Hasil yang mempermudah kinerja Barca dalam leg kedua di Nou Camp (28/11).
Tanpa Lionel Messi dan Xavi Hernandez yang diistirahatkan, scoresheet Barca dalam laga di Estadio Mendizorrotza itu diisi David Villa, Andres Iniesta, dan Cesc Fabregas. Di antara ketiganya, gol Iniesta pada menit ke-50 adalah yang paling indah. Dari sudut sempit, pemain terbaik Eropa 2012 itu melepaskan tendangan curling ke pojok atas gawang.

Gol itu tak pelak menjadi perayaan indah Iniesta yang kemarin memeringati satu dekade kebersamaannya bersama Barca. Itulah sebabnya, Iniesta diberi kehormatan mengenakan ban kapten. “Saya mungkin beruntung karena saya hanya mencoba menendang sebisa saya,” kata Iniesta mengenai golnya kepada Mundo Deportivo.

“Ini bukan hanya pesta saya karena semua pemain juga memiliki andil atas kemenangan ini,” sambung pemain yang telah memainkan 418 laga dan mengemas 43 gol bersama Barca itu.

Untuk diketahui, Iniesta promosi dari akademi La Masia ke skuad utama Barca di era kepelatihan Louis van Gaal. Tapi, talenta hebatnya baru terasah ketika Barca ditangani Frank Rijkaard. “Saya berterima kasih kepada semua pelatih yang telah menangani saya selama ini. Saya tidak akan bisa seperti sekarang tanpa mereka,” jelas pencetak gol semata wayang kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010 itu.

Jika Iniesta menjalani pesta sempurna, lain cerita dengan kiper Barca Jose Manuel Pinto. Cadangan Victor Valdes itu memang tampil tak kalah menawan dengan mencatat clean sheet (tidak kebobolan). Namun, Pinto ketiban sial setelah dirinya dilempar sandwich oleh fans Alaves yang berada di belakang gawangnya.

“Saya memang tidak mengalami luka serius, tapi ini membuat saya sangat kecewa,” kata kiper spesialis laga Copa del Rey itu kepada AS.

Sampai kemarin, Barca belum bereaksi atas insiden yang menimpa Pinto. Tapi, wasit yang memimpin laga Alaves versus Barca, Jose Teixeira Vitienes, telah memasukkannya dalam laporan pertandingan. “Di menit 51, saya melihat beberapa objek dilempar dan mengenainya (Pinto). Salah satunya adalah sisa sandwich yang mengarah ke kepalanya. Juga ada koin,” kata Vitienes kepada Marca.¬†(dns)