Bappeda Se-Provinsi Bahas Ikon Daerah

KOTA BINTUHAN, BE-  Kabupaten Kaur menjadi tuan rumah
pertemuan Forum Perencanaan Pembangunan Derah (FPPD) yang gelar oleh Bappeda Kaur. Kegiatan tersebut dihadiri unsur  Bappeda se Provinsi. Pertemuan itu membicarakan soal perencanaan pembangunan daerah secara bersama-sama.

Hadir Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Ir Edi Waluyo SH MM, Ketua Balitbang Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti MSi, Kabid Neraca BPS Provinsi Puji Agus Kurniawan SSi, MA dan Kadis Pertanian Bengkulu Ir Edi Nevian dan utusan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota.

Edi Waluyo  mengatakan dengan adanya forum tersebut  sinkronisasi perencanaan daerah dengan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) nasional antara lain  memfasilitasi RPJM Nasional sehingga konsisten dalam menjadikan  acuan dasar dalam penyusunan RPJM Daerah dengan  sasaran terukur guna mendukung agenda pembangunan nasional.

  “Kemudian itu juga mendorong penetapan RPJMD melalui Peraturan Gubernur. Selanjutnya menetapkan status RPJMD sebagai landasan pembangunan daerah itu sendiri,” katanya.

Ditambahkan,  Kepala Bappeda Kaur Ir H Ahyan Endu mengatakan, pertemuan  tersebut menyatukan ide kreatifitas untuk pembangunan semua daerah.  Sehingga  merumuskan  ikon pembangunan daerah secara  tearah.

“Apa yang harus kita kembangkan dalam skala besar, mungkin irigasi maka semu kabupaten akan dibangun irigasi sesuai dengan program nasional,” jelasnya. (823)