Banyak Siswa Tak Daftar Ulang

Tidak seluruh siswa yang telah mendaftar dan diterima di sekolah saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
FOTO BERSAMA : Peserta Pembinaan Pembina Pramuka berfoto bersama dengan Kadispora H Meri Sasdi MPd, usai pembukaan acara kegiatan pelatihan pembinaan Pramuka tahun 2017. Kegiatan sendiri dilaksanakan pada Rabu hingga Jumat (12-14/7) di Hotel putri Gading Cempaka Kota Bengkulu. kemarin (13/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Tidak seluruh siswa yang telah mendaftar dan diterima di sekolah saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lalu, mendaftar ulang. Ironisnya, setelah namanya diterima di sekolah A justru banyak siswa yang mencabut berkasnya, lalu mendaftar ke sekolah lain.
Seperti diungkapkan Kepala SMKN 2 Kota Bengkulu Achmad Basori, siswa yang telah diumumkan dan diterima di SMKN 2, tidak semua mendaftarkan ulang. “Siswa yang tidak mendaftar mengundurkan diri dengan menarik berkas, ” katanya.
Tidak diketahui alasan siswa bersangkutan menarik berkas. Hal itu tentu saja sangat merugikan sekolah. Pasalnya, kuota siswa akan terus berkurang.

“Padahal kuota siswa baru masing-masing jurusan masih sangat kurang. Belum semua jurusan kuota siswa barunya terpenuhi,”.
Disinggung batas waktu pendaftaran telah ditutup, apakah sekolah masih membuka peluang menerima siswa baru. Basori menegaskan sesuai dengan anjuran Dinas Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, sekolah yang kuotanya belum terpenuhi bisa menerima siswa yang belum terdaftar di sekolah lain.
Hal sama juga diungkapkan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Pirwan Dahiwi. Ia mengutarakan, pendaftaran awal ke SMAM 1 mencapai 160 orang, namun saat daftar ulang hanya setengahnya saja yang mendaftarkan diri. Sebagian siswa justru menarik berkasnya kembali.

Ini indikasi jika, siswa yang telah mendaftar di sekolah swasta masih mendapatkan potensi untuk masuk ke sekolah negeri. Ia berharap hal inipun harus diawasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu. Jangan sampai pendidikan swasta kembali dirugikan. (247)