Banyak PNS Dapat Jamkesmas

jamkesmasBENGKULU, BE – Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Namun lain halnya di Kota Bengkulu, masyarakat yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun ikut menikmatinya.  Laporan adanya PNS yang mendapat Jamkesmas tersebut telah diterima oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, dan saat ini Dinkes tengah mengecek ulang data penerima Jamkesmas tersebut.

Jumlah keseluruhan penerima Jamkesmas di Kota Bengkulu sendiri mencapai 72 ribu jiwa lebih, ratusan diantara didapat oleh orang yang tidak berhak.  “Saya sudah menerima laporan  itu, bahwa ada PNS yang ikut menerima Jamkesmas, dan itu menyalahi aturan karena program itu diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, drg H Edriwan Mansyur MM, Sabtu, kemarin.

Ia mengaku masalah tersebut bukan hanya terjadi di Kota Bengkulu, melainkan telah menjadi permasalahan nasional.  Menurutnya, Jamkesmas yang tidak tepat sasaran itu bukan kesalahan dari pemerintah daerah, melainkan dari pemerintah pusat. Karena data penerima Jamkesmas tersebut berdasarkan data sensus penduduk miskin yang dikeluarkan pihak badan pusat statistik (BPS).
”Kita  hanya menerima dan membagikan kartu,  sedangkan yang melakukan pendataan adalah BPS, lalu Kementerian Kesehatan mengacu kepada data BPS itu,” terangnya.

Saat ini proses pendistribusian kartu Jamkesmas tersebut belum selesai. Dari 72 ribu peneriman,  baru sekitar 70 persen yang telah dibagikan kepada penerimanya. Sebelum dan sesudah pendistribusian berlangsung pihaknya akan mengecek terlebih dahulu, sedangkan yang sudah didistribusikan pihaknya sudah menginstruksikan Puskesmas untuk memantau kembali.

“Jika ditemukan ada PNS sebagai penerima Jamkesmas, akan kita tarik kartunya dan kita laporkan ke pusat agar diberikan kepada masyarakat yang benar-benar berhak mendapatinya,” ujarnya. (400)