Bantun Petani, Babinsa Turun ke Sawah

DSC03894Padang Ulak Tanding, BE – Sejumlah anggota Babinsa dari Koramil 409 – 03 PUT turun langsung ke sawah-sawah petani di Desa Belumai 1 Kecamatan PUT Rejang Lebong.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pihak TNI untuk mewujudkan swasembada pangan di wilayah kerja  tutorial TNI.

“Babinsa harus turun langsung dan membaur bersama para petani, yakni dari tahap pembajakan sawah, penanaman padi, hingga tahap panen serta kontrol tahap pertumbuhan padi,” ujar Dandim 0409 RL, Letkol Kav Sugi Mulyanto melalui Danramil PUT, Kapten Inf Untung Pribadi.

Ia menambahkan, hal ini dilaksanakan pihak TNI melalui babinsa sebagai upaya pendampingan ke kelompok tani binaan masing masing.

Ditambahkanya, untuk saat ini pihak Koramil PUT mendampingi kelompok tani di   3 kecamatan yakni Kecamatan Sindang Kelingi 2 desa yaitu Desa Pelalo dan Desa Belitar Muka; Kecamatan SBU 7 desa yakni Desa Apur,Tanjung Agung, Lawang Agung, Jabi, Pengambang, Lubuk Alai, dan Tanjung Heran; serta di Kecamatan PUT 2 desa  yakni Belumai 1 dan 2; dan Kecamatan Binduriang hanya Desa Air Apo.

“Untuk setiap desa binaan masing masing Koramil PUT menerjunkan lebih kurang 10 personil dan tiap desa ada 2 personil hingga 5 personil. Sedangkan babinsa desa yang tidak memiliki sawah wajib membantu babinsa desa yang memiliki sawah binaan masing masing, seperti pengawasan pupuknya,” kata Untung.

“Saat ini Koramil 409-03 PUT sedang melaksanakan ketahanan pangan sesuai instruksi dari Presiden RI ke pihak TNI, bahwa Babinsa diharuskan menjadi pendamping di kelompok-klompok tani di wilayah binaannya masing-masing  dan diharapkan 2 tahun  kedepan Indonesia menjadi negara swasembda pangan, serta  tidak  impor beras dari  negara lain,” harap Danramil.(222)