Bantuan Tunai Diprotes

JEFRY/BE
FOTO BERSAMA: Pansus DPRD Seluma berfoto bersama dengan pimpinan sebelum ke lapangan, kemarin.

TAIS, Bengkuluekspres.com – Bantuan Tunai dari Pemda Seluma untuk warga terdampak Covid-19 menuai protes. Pasalnya, warga mampu yang memiliki mobil justru mendapatkan bantuan. Seperti yang dikeluhkan oleh Suryani, salah seorang warga kepada DPRD Seluma.

“Saat ini pemberian bantuan tidak sesuai dengan sasaran. Ironisnya yang punya mobil, masih mendapatkan dan ini sudah dibuktikan sama warga kemarin,” ujar Ketua Pansus, Tenno Heika SSos, kepada wartawan.

Dijelaskan, jika saat ini sejumlah laporan masyarakat yang mengaku tidak mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT), yang tidak tepat sasaran. Bahkan ada warga yang tergolong mampu dan memiliki kendaraan roda empat, menerima bantuan dari Pemkab Seluma.

Penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran bukan hanya terjadi di satu tempat, dan pihaknya mengaku sudah mendapat laporan langsung dari masyarakat.

“Setiap kecamatan ada data yang tidak tepat. Maka dari itu, kami imbau pemerintah sebagai leading sektor harus mendata kembali yang tercecer (belum mendapat bantuan). Kami juga mengerti jika pendataan tidak mungkin bisa langsung tepat sasaran,” jelasnya.

Adapun Pemkab Seluma sebelumnya sudah menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 400 ribu, untuk 7.552 keluarga penerima manfaat (KPM) di Seluma. Bantuan tersebut untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, dan belum mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat, maupun dari dana desa. (333)