Bantuan Sapi untuk Poktan Mukomuko Capai 1.378 Ekor

RIO/BE
Sapi

MUKOMUKO, BE – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mencatat sebanyak 1.378 ekor sapi bantuan pemerintah telah disalurkan. Sapi bantuan itu diberikan pada kelompok tani di daerah ini.
“Sebanyak 1.378 ekor catatan kami, baiksapi bantuan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman SPt kepada BE, Kamis (24/9).

Ribuan sapi bantuan pemerintah itu diberikan kepada kelompok tani dengan sistem bergulir. Setiap ekor sapi bantuan yang diterima kelompok, wajib dikembalikan ke pemerintah antara satu
hingga dua ekor.

“Sapi pengembalian diberikan lagi kepada kelompok lain yang belum mendapatkan bantuan,” katanya.

Untuk bantuan dari kabupaten, setiap ekornya harus dikembalikan sebanyak dua ekor.Sedangkan sapi bantuan dari provinsi, harus dikembalikan sebanyak satuekor. Hingga saat ini, jumlah sapi pengembalian kelompokpenerima bantuan sudah mencapai ratusan ekor. Seluruhnya sudahdibagikan kepada kelompok tani yang belum dapat bantuan dari pemerintah.

Pada 2020 ini, pemerintah provinsi kembali memberikan bantuan sebanyak 30 ekor sapi kepada lima kelompok tani yang ada di daerah ini. Yakni satu kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya, satu kelompok di Desa Sungai Rengas, satu kelompok di Desa Agung Jaya dandua kelompok tani di Kelurahan Bandar Ratu.

“Kelompok-kelompok tersebut dalam waktu dekat kembali menerima bantuan sapi, untuk memenuhi kekurangan. Karena masing-masing kelompok menerima 10 ekor sapi,” lanjutnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*