Bantuan Lansia Produktif Disalurkan

Foto : IST

LEBONG, bengkuekspress.com – Setelah menyalurkan bantuan Bertujuan Lanjut Usia (Bantu LU) tahap ke II kepada 87 lansia, hari ini Senin (09/12), Bidang Sosial Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa (PMDS) Kabupaten Lebong, kembali akan menyalurkan bantuan kepada 40 orang lansia produktif (memiliki usaha) sebesar Rp 3 juta.

Penyerahan bantuan terhadap 40 lansia produktif sesuai Surat Keputusan (SK) yang diserahkan Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) yang diserahkan Kepada Bidang Sosial PMDS Lebong. Kepala Dinas PMDS Lebong, Reko Haryanto SSos MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Jimi Tri Susilo SSTPi mengatakan, untuk bantuan diberikan hanya 1 kali dalam 1 tahun.

“Sebelumnya dari data yang telah diterima, langsung kita sampaikan kepada lansia bersangkutan untuk menyerahkan nomor rekening agar bantuan bisa disalurkan,” jelasnya, kemarin (08/12).

Dikatakan Jimi, bantuan lansia produktif merupakan salah satu upaya dari pemerintah pusat untuk memberikan bantuan kepada para lansia yang saat ini memiliki usaha. Sehingga dengan bantuan yang diberikan dapat membantu para lansia dalam mengembangkan atau meningkatkan usahanya. “Untuk itulah bantuan yang diberikan tidak bertahap seperti bantuan lansia non produktif (2 kali penyaluran), agar bantuan bisa langsung dimanfaatkan,” ucapnya.

Ditanya mengenai sedikitnya lanisa yang mendapatkan bantuan, Jimi membeberkan, bahwa untuk jumlah semuanya ditentukan oleh Kemensos dan pihaknya hanya sebagai perantara dalam menyalurkan bantuan tersebut. “Tahun ini total lanisa yang menerima bantuan hanya 127 orang,” sampainya.

Untuk itulah, samungnya, di tahun 2020 mendatang pihaknya kembali akan mengajukan penambahan jumlah lansia yang akan diberikan bantuan. Dimana sebelumnya penambahan telah diajukan, namun belum diakomodir pihak Kemensos RI. “Mudah-mudahan saja di tahun 2020 mendatang, penambahan bantuan bagi Lansia bisa bertambah,” harapnya.(614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*