Bantuan Kuota Internet Gratis untuk Siswa Bengkulu Langsung Dikirim ke Ponsel

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM

BENGKULU, BE – Bantuan kuota internet gratis bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) langsung masuk ke nomor ponsel peserta didik dan guru. Imbasnya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu, belum mendapatkan data jumlah peserta didik dan guru yang sudah menikmati kuota internet gratis tersebut.

“Sampai sekarang Disdik belum mendapat tembusan, berapa siswa di Kota Bengkulu, yang sudah menerima kuota internet gratis. Kuota internet gratis itu langsung masuk ke ponsel murid dan guru,” ujar Kepala Disdik Kota Bengkulu Dra Rosmayetti MM, usai sosialisasi lalu lintas di aula Disdik, Kamis (24/9).

Dalam petunjuk teknis implementasi program ini tertuang dalam peraturan sekretaris jenderal nomor 14 tahun 2020 tentang teknis bantuan kuota data internet tahun 2020 diterbitkan pada 18 September 2020. Dalam ketentuan juknis tersebut penyaluran bantuan kuota internet gratis dilakukan selama September-Desember 2020. Bantuan internet memiliki masa berlaku selama 30 hari terhitung sejak kuota diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Bantuan kuota terdiri dari kuota umum dan kuota belajar.Kuota internet gratis dari Kemendikbud dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran jarak jauh. Dengan mengakses laman kuota belajar kemendikbud, aplikasi belajar, aplikasi pltaform video convference dan lainnya.

Ketua Musyawarah kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP Idiarman MPd membenarkan kuota internet gratis dari Kemendikbud sudah masuk keponsel peserta didik dan tenaga pendidik sesuai dengan providernya.

“Sekarang sudah mulai dipakai siswa untuk belajar, khusus di SMPN 1 kota Bengkulu 80 persen sudah berhasil tervalidasi,” katanya.

Diakui belum seluruh siswa mendapat kuota internet tersebut. Pasalnya, masih ada beberapa siswa yang datanya masih dalam proses verval data.

“Walau internet gratis ini belum seluruhnya siswa dapat, namun pembelajaran tetap berjalan,” tandasnya.  (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*