Bantuan ke Palu Rp 1,3 Miliar


duit
foto : ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Provinsi Bengkulu berhasil mengumpulkan donasi untuk bantuan bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu dan Donggala Rp 1,3 miliar. Bantuan itu didapat dari hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh pemda kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, bantuan donasi uang tunai Rp 1,3 miliar itu akan diserahkan langsung ke Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada hari ini, Rabu (28/11).



“Semua sudah siap. Sore nanti saya langsung berangkat ke Palu untuk menyerahkan bantuannya,” terang Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (27/11).

Dijelaskannya, bantuan dari masyarakat Provinsi Bengkulu itu tidak diberikan uang sepenuhnya kepada warga Palu dan Donggala, melainkan akan dibangunkan fasilitas umum. Fasilitas umum yang akan dibangun itu dalam bentuk gedung sekolah, gedung Puskesmas, masjid dan taman baca Al-Quran.  “Lokasinya sudah kita survei, jadi 4 gedung ini yang kita bangun,” tambahnya.

Menurutnya, gedung yang dibangun itu menjadi fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena untuk bantuan logistik, setiap provinsi maupun relawan dari seluruh penjuru Indonesia sudah memberikan bantuan itu.  “Jadi, gedung itu dibangun total, mulai dari 0. Ini untuk kepentingan masyarakat,” tutur Rohidin.

Dari bantuan yang diberikan itu, Rohidin berharap bisa membantu masyarakat yang terkena bencana. Karena masyarakat saat ini sedang dalam proses pemilihaan atas dampak bencana. Kedepan diharapkan masih banyak lagi para relawan, masyarakat maupun Pemda lain bisa membantu masyarakat Palu dan Donggala.  “Minimal ini bisa meringankan beban keluarga kita di Palu,” tutup Rohidin. (151)