Bantuan Bibit Sawit

kepsek SMA N 6 Tarman hayadi MpdWARGA Desa Padang Serasan Kecamatan Pino Raya pada umumnya berprofesi sebagai petani sawit. Hanya saja para petani belum memiliki pengetahuan akan bibit sawit yang unggul. Saat ini tingkat penghasilan para petani sawit ini masih sangat rendah. Pasalnya hasil panen sawit itu tidak sebanding dengan luas lahan yang dimiliki.

 

Untuk itu warga sangat mengharapkan adanya bantuan bibit sawit unggul dari pemerintah untuk melakukan rehabilitasi pohon sawit yang sudah tua.”Perhatian pemerintah terhadap petani sangat kami harapkan. Khususnya berkaitan bantuan bibit sawit unggul,” kata Kades Padang Serasan, Mirwan.

 
Ditambahkannya, saat ini umur kelapa sawit warga sudah diatas 15 tahun, Namun pertumbuhan perekonomian warga belum meningkat signifikan.Hal itu lantaran bibit yang ditanam dahulu hanyalah bibit asalan.Ditambah lagi selain warga belum menyadari betapa pentingnya akan bibit berkualitas. Warga juga kesulitan  untuk membeli bibit unggul itu lantaran harganya mahal.

 

“Bayangkan saja, setiap hektarnya tanaman sawit tidak ada yang panennya diatas 1 ton,Tapi untuk beli bibit harganya mahal yakni Rp 30 ribu per batang, sehingga kami sangat mengharapkan bantuan bibit unggul itu,” demikian Mirwan.(369)