Bantuan Bibit Korban Banjir Belum Diserahkan

Foto: IST

LEBONG, bengkuluekspress.com – Bantuan bibit padi sawah warga yang diterjang banjir bulan Desember 2019 yang lalu di Desa Embong 1 dan Kota Baru Kecamatan Uram Jaya, tak kunjung diserahkan.  Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Disperkan Kabupaten Lebong, Jimi Tri Susilo SStPi mengatakan, bahwa dari laporan pihak Kecamatan Uram Jaya ada sebanyak 15,5 hektar persawahan dan perkebunan kopi yang terkena dampak banjir tersebut.

“Namun kembali akan dilakukan identifikasi untuk mengetahui berapa total sawah yang benar-benar tertimbun material longsor,” jelasnya, kemarin (21/01).

Menurutnya, karena lahan yang benar-benar tertimbun, dipastikan tidak bisa lagi untuk ditanami padi. Sementara sebagian masih bisa ditanami meskipun tidak 100 persen kembali bisa ditanami sebelum material yang masuk ke dalam persawahan dibersihkan. “Nanti akan diketahui berapa sawah yang masih bisa ditanami dan berapa yang tidak bisa ditanami,” sampainya. Ia menambahkan, untuk bibit benih padi saat ini sudah dipersiapkan, namun masih menunggu proses penyaluran bibit kepada para petani. Karena untuk penyaluran akan dilihat berapa kesiapan bibit yang saat ini dimiliki dan akan disalurkan sesuai dengan maksimal bibit yang ada. “Bibit pasti akan kita salurkan,” tegasnya

Memang dalam penyaluran, sambungnya, kemungkinan besar para petani tidak akan mendapatkan secara maksimal dari total bibit yang nantinya dibutuhkan. Akan tetapi pihaknya akan terus berusaha untuk memenuhinya, karena saat ini terus dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam penyediaan bibit. “Kita memaksimalkan stok benih yang ada untuk kita salurkan terlebih dahulu,” tutupnya.(614)