Bantuan Bibit Cabai untuk Poktan


Cabai 1
Foto:Ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress  – Budidaya cabai masih menjadi salah satu program andalan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang untuk masyarakat. Untuk itu, Distan memiliki program bantuan bibit cabai yang diserahkan pad akelompok petani. Bantuan bibit cabai untuk lahan sekitar 40 hektar ini bantuan dari Kementerian Pertanian melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu ini, disalurkan kepada Poktan tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian Kepahiang Hernawan SPKP melalui Kabid Hultikultura, Budi SP mengatakan, sebaran daerah penerima bantuan bibit cabai masih menunggu petunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Jadi belum diketahui pasti mengenai desa mana saja sebagai penerima bantuan.

“Kalau untuk luas lahan kita sudah dapat angka pastinya seluas 40 hektar, tetapi untuk sebarannya didaerah mana saja kita masih menunggu putusan dari provinsi,” ujar Budi.

Selain belum bisa menentukan jumlah Poktan yang mendapatkan bantuan ini. Distan juga belum mengetahui bantuan dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dipusatkan di kecamatan mana saja. Karena, masih menunggu surat keputusan (SK) dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. “Kalau SK-nya sudah turun nanti baru kita menentukan jumlah Poktan yang dapat dan bantuan ini disebarkan di wilayah mana saja,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk kriteria Poktan yang mendapatkan program bantuan ini, terutama Poktan tersebut harus teregister di Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Untuk mengetahui kesiapan dan keberadaan Poktan itu sendiri. “Tidak banyak syaratnya, bagi Poktan yang mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan ini, mereka harus memastikan terlebih dahulu Poktannya sudah teregister apa belum,” tutupnya. (320)