Bantuan Benih Kentang Disalurkan

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Pertanian (Distan) terus berupaya meningkatkan produksi tanaman holtikultura jenis kentang dan meningkatkan kesejahteraan petani. Tahun ini, Dinas Pertanian Kepahiang mendapat bantuan benih kentang dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu seluas lahan 1 hektar.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP melalui Kabid Holtikultura, Budi SP menjelaskan, bantuan seluas 1 hektar tersebut akan dibagikan untuk satu kelompok tani (Poktan). “Bantuan kentang 1 hektar baru jalan, sementara bantuan 3 hektar dari APBD Kabupaten Kepahiang belum jalan dan masih dalam proses,” ungkap Budi.



Bantuan kentang, ini lanjut Budi, sudah didistribusikan pemerintah kabupaten sejak tahun 2017 lalu dengan alokasi tahun 2017 seluas 10 hektar dan tahun 2018 seluas 3 hektar. Selain dari APBD kabupaten bantuan tersebut juga ada dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. jika produksi holtikultura jenis kentang tersebut dikelola dengan baik maka dapat menghasilkan 10 ton perhektar. Menurutnya, telah dikembangkan sejak dua tahun lalu produksi kentang tercapai dan dapat dipasarkan masyarakat petani lokal.

“Terkait pemasaran untuk komoditi ini tidak sulit, karena kebutuhan lokal masih memungkinkan. Ada kentang dari petani langsung diambil oleh pengumpul. Rata-rata petani yang mengembangkan budidaya kentang ini, petani yang menerapkan sistem tumpang sari di kebunnya,”demikian Budi. (320)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*