Bantuan Alsintan Menurun

Foto : Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Pitolan SE

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jumlah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian RI tahun 2019 ini mengalami penurunan. Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Pitolan SE menjelaskan, sampat saat ini pihaknya belum mendapatkan jumlah pasti bantuan yang akan diterima oleh petani di Kabupaten Benteng. “Jumlah pastinya belum kami terima. Informasinya ada penurunan jumlah yang sangat signifikan,” kata Pitolan.

Ia mengaku hingga pertengahan tahun 2019 ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat. Sebagai bocoran, kata dia, bantuan yang akan diberikan berupa hand traktor roda dua.”Informasi awal, jumlah hand traktor untuk Kabupaten Benteng berjumlah 11 unit. Terbaru, kabarnya hanya 6 unit. Jumlahnya terus berubah-ubah,” tambahnya.



Sesuai dengan rencana, sambung Pitolan, Alsintan sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten penerima bantuan pada akhir tahun.  Agar bantuan disalurkan secara tepat sasaran, Distan Kabupaten Benteng telah melakukan verivikasi atau pemeriksaan berkas kelompok tani (poktan) calon penerima bantuan.

“Calon penerimanya sudah ada. Sebab, usulan sudah lama disampaikan. Setelah tiba di Kabupaten Benteng, Alsintan akan langsung disalurkan,” jelasnya.

Selain hand traktor, Alsintan lain yang akan diterima oleh petani nantinya adalah pompa air berukuran besar. Kegunannya adalah untuk membantu para petani dalam mempermudah mereka dalam menggarap usaha pertanian dan peternakan.

“Selain hand traktor, pompa air sebanyak 8 unit juga akan berlabuh di Kabupaten Benteng. Sedangkan, untuk hand sprayer serta Alsintan lainnya belum didapat kejelasannya,” demikian Pitolan.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*