Bantai Malaga, Barca Tutup Musim dengan Rekor 100 Poin

Barcelona's Andres Iniesta and teammates celebrate a goal against Malaga during their Spanish first division soccer match at Camp Nou stadium in BarcelonaBarcelona berhasil menyempurnakan gelar La Liga 2012/2013 dengan total 100 poin setelah pada jornada terakhir membantai Malaga 4-1 di Camp Nou.

Keempat gol Barca dijaringkan oleh David Villa, Cesc Fabregas, Martin Montoya, dan Andres Iniesta. Sementara gol tunggal Malaga dicetak Pedro Morales.

Dengan torehan 100 angka ini Barca berhasil menyamai rekor poin La Liga yang diraih Real Madrid musim lalu. Azulgrana juga jadi tim terproduktif dengan 115 gol dengan hanya kebobolan 40 gol.

Belum genap 3 menit laga berjalan, Barca sudah unggul melalui David Villa memanfaatkan kerja sama cantik Pedro dan Andres Iniesta. El Guaje tanpa kesulitan menceploskan si kulit bundar ke gawang yang sudah kosong.

Publik Camp Nou kembali bersorak pada menit ke-14 setelah Cesc Fabregas menjebol gawang Willy Caballero. Seorang diri Fabregas melewati tiga pemain sebelum melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Belum hilang keterkejutan Malaga, Barca lagi-lagi mencetak gol pada menit ke-16 kali ini lewat tendangan voli Martin Montoya memanfaatkan kemelut usai sepak pojok. Tuan rumah pun sudah unggul 3-0 hanya dalam waktu kurang dari 20 menit.

Tempo agak mengendur setelah Barca memimpin jauh. Malaga pun mulai bisa mengembangkan permainan. Fabregas sempat kembali mendapat peluang tapi kali ini penyelesaiannya belum sempurna. Tim tamu membalas melalui Julio Baptista namun sayang usahanya gagal menjebol gawang Jose Manuel Pinto. Di sisa babak pertama tak ada lagi tercipta sehingga skor tidak berubah.

Di awal babak kedua, Barca kembali tancap gas. Pada menit ke-52, Iniesta menyempurnakan performa bagusnya di sore itu dengan sebuah gol indah hasil tendangan jarak jauh.

Unggul jauh membuat pertahanan Barca lengah. Penyerang pengganti Malaga Pedro Morales berhasil mencetak gol cantik pada menit ke-56.

Skor 4-1 membuat laga berjalan terbuka. Jose Pinto dipaksa berkali-kali membuat penyelamatan, termasuk percobaan Eliseu di pertengahan paruh kedua.

Standing ovation sempat tercipta ketika Eric Abidal masuk pada menit ke-76 menggantikan Gerard Pique dan David Villa meninggalkan lapangan diganti Alexis Sanchez pada menit ke-78.

Baik Barca maupun Malaga gagal mencetak gol tambahan di akhir babak kedua sehingga laga pun ditutup dengan kemenangan telak bagi tuan rumah.

Susunan pemain:
Barcelona (4-3-3): 13-Pinto; 19-Montoya, 3-Pique (22-Abidal 76’), 14-Mascherano, 18-Alba; 6-Xavi, 16-Busquets, 8-Iniesta (11-Thiago 55’); 17-Pedro, 4-Fabregas, 7-Villa (9-Alexis Sanchez 78’).

Malaga (4-4-1-1): 13-Caballero; 2-Jesus Gamez, 3-Weligton, 4-Lugano, 18-Eliseu; 7-Joaquin (11-Fernandez 70’), 6-Camacho, 8-Toulalan, 22-Isco (9-Saviola 79’); 10-Baptista; 24-Santa Cruz (14-Morales 46’).