Bank Syariah Mandiri, Jual Riyal untuk Haji

Produk pembiayaan emas yang dimilki BSM (1)

BENGKULU, BE- Menghadapi musim pelunasan haji yang akan di laksanakan beberapa minggu lagi, Bank Syariah Mandiri Bengkulu langsung menangkap peluang tersebut dengan menyediakan mata uang Saudi Arabian Riya (SAR) atau yang bisa di sebut Riyal.

Brach Manager BSM Bengkulu Iswahyudi, di temui di ruang kerjanya mengatakan, BSM selalu menyediakan mata uang SAR atau riyal ini sepanjang tahun, karena untuk kebutuhan masyarakat yang akan umroh, namun di musim haji biasanya BSM menyediakan lebih banyak dari hari baisanya.

“Pecahan riyal ini yang kita sediakan antara lain, 1 riyal, 5 riyal, dan 10 riyal, dengan kurs sekitar Rp 3.800 per riyal. Jamaah menyukai pecahan riyal yang kecil biar lebih mudah untuk membelanjakan saat di arab saudi nanti, sehingga saat di sana tak perlu repot repot mencari tempat penukaran uang. Supaya lebih khusuk untuk beribadah,” tuturnya.

Katanya, tahun lalu jumlah jamaah haji regulir Provinsi Bengkulu yang berangkat melalui BSM 250 orang, tahun ini di perkirakan tidak jauh beda dengan dengan tahun lalu. Namun penjualan riyal ini bukan hanya untuk jamaah yang berangkat melalui BSM, boleh siapa saja termasuk jamaah haji yang akan berangkat dari Bank lain, masyarakat yang mau umroh  atau keperluan lainnya.

“Caranya cukup datang ke kantor teller BSM langsung dilayani untuk penukaran uang riyal tersebut,”Katanya.

Ditambahkannya pelonjakan nasabah juga dampak dari kebijakan  Meneriakkan Agama bahwa rekening tabungan haji harus di Bank Syariah.

“Nasabah tabungan haji BSM Bengkulu terus melonjak tajam, rata rata setiap bulan ada 40 sampai 50 nasabah yang membuka tabungan haji ke BSM. Untuk langsung mendapat donor porsi nasabah harus menyetor Rp 25 juta sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama RI,” Ungakapnya. (nop)