Bank Sampah Bakal Dibentuk

bank_sampah
foto ist

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, berencana untuk membentuk bank sampah, di sekolah dan desa/kelurahan yang tersebar di daerah tersebut. “Ini baru rencana kita kedepan,dengan harapan seluruh desa/kelurahan dan sekolah ada bank sampah,”ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko,Suwarto.

Disampaikannya, bank sampah yang merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah, dan hasil dari pengumpulan itu dapat didropkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.“Selain dapat mengatasi penumpukan sampah.

Juga ada nilai ekonomisnya bagi desa dan kelurahan di daerah ini,”bebernya.Menurutnya sampah yang ada nilai ekonomi diantaranya sampah jenis kertas, kardus, besi, plastik dan beberapasampah lainnya.Sedangkan sampah diluar jenis tersebut,bisa langsung dikelola dan dijadikan pupuk organik.

Sementara pupuk organik ini, lanjut Suwarto, memiliki nilai ekonomi yang lumayan.Karena pupuk dibutuhkanpetani untuk memupuk tanamannya.“Program ini akan dimulai dalam waktu dekat. Dan untuk percontohannya akan dipilih salah satu sekolah dan desa di daerah ini,”lanjutnya.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*