Bank Bengkulu Berhasil Meraih Penghargaan Indonesia Best Banking Award

Jakarta, Bengkuluekspress.com -Tidak pernah berpuas diri, Prestasi membanggakan kembali diraih Bank Bengkulu di penghujung tahun 2018 ini.

Kali ini dari ajang Indonesia Best Banking Award 2018 yang diselenggarakan Warta Ekonomi dan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Warta Ekonomi melalui Indonesia Best Banking Award 2018 memberikan apresiasi kepada Bank Terbaik di Indonesia yang mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam kurun waktu 2016-2017.

Penghargaan Best Banking 2018 ini dapat memberikan gambaran pelaku bank-bank terbaik di Indonesia dan menjadi benchmark bagi pelaku perbankan lainnya.

Warta Ekonomi Research and consulting menetapkan PT Bank Bengkulu sebagai penerima penghargaan bank berpredikat “Sehat” pada kategori BUKU 1 dengan Aset diatas Rp 5 Triliun.

Penyerahan penghargaan ini diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, pada Jumat, (30/11/18).

Acara ini dihadiri oleh Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Teguh Supangkat, Founder dan President Komisaris Warta Ekonomi yaitu Prof. Fadel Mohammad, serta Direktur Komisaris Bank-bank penerima penghargaan, yaitu Bank nasional, Bank swasta Dan Bank Pembangunan Daerah.

Penilaian dilakukan dengan mengukur secara spesifik pada tingkat kesehatan bank dan mengacu pada pendekatan Risk-Based Bank Rating (RBBR). Dalam Risk-Based Bank Rating (RBBR), bank yang sehat ditentukan oleh empat aspek yakni, profile result, pelaksanaan good corporate governance, rentabilitas, permodalan dan ditambah dengan aspek kinerja intermediasi. Aspek kinerja intermediasi ini dipertimbangkan karena peran bank dalam mendukung sektor riil dan inklusi keuangan.

Pengumpulan data didapat dari data-data dari laporan keuangan tahunan yang disediakan masing-masing bank serta publikasi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setelah dikumpulkan, maka dilakukan penilaian (skoring) dan memberikan predikat terhadap 115 bank menurut kategorinya masing-masing.

Bentuk Eksistensi Bank Bengkulu

Penghargaan ini merupakan bentuk eksistensi Bank Bengkulu sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang dapat bersaing dengan perbankan di Provinsi Bengkulu. Penghargaan ini dapat menjadi tandamata yang selaras dengan tagline Bank Bengkulu yaitu “Tangguh dan Tumbuh”.

” Bank Bengkulu berkeinginan untuk selalu memberikan yang terbaik dan selalu lebih baik, selain penghargaan ini diharapkan menjadikan motivasi bagi pegawai untuk terus berkarya dan lebih percaya diri untuk memenangkan persaingan di lingkungan perbankan di Bengkulu,” ujar Direktur Utama Bank Bengkulu, H. Agusalim, SE, ME.

Sementara itu, sampai dengan Oktober 2018, Bank Bengkulu berhasil membukukan total aset sebesar Rp. 6.285 milyar. Total laba bersih mencapai Rp.142 miliar yang tumbuh sebesar 158 persen year on year (y-o-y), serta yang didorong juga oleh ekspansi kredit yang tumbuh sebesar 108 persen year on year (y-o-y) dengan total kredit yang disalurkan Bank Bengkulu sebesar Rp 4.485 miliar.

” Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Bengkulu tercatat sebesar Rp 5.318 milyar,” tutup Agusalim. (Kkj/Prw)