Banjir Melanda, Laundry Simbara ‘Banjir’ Order

Gilang MG/BE
Karyawan Laundry Simbara sedang membersihkan salah satu karpet lantai milik pelanggan

BENGKULU, BE – Disaat musim hujan saat ini sebagian rumah warga Bengkulu terkena banjir. Dampaknya pakaian hingga karpet lantai banyak kotor, akibat terendam air lumpur. Membersihkannya sendiri tentu sangat sulit. Pilihan yang pas menggunakan jasa laundry untuk mencucinya, agar pakaian dan karpet yang kotor itu bisabersih dan
dipakai kembali.

Salah satu usaha jasa laundry yang kebanjiran order disaat banjir Laundry Simbara di Jalan Bandaraya RT 11 RW O3 Kelurahan Rawa Makmur Permai Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu.

Pemilik Laundry Simbara, Neli Susanti (50)saat diwawancarai BE Senin (30/11), mengakui saat musim hujan dan banjir sekarang ini laundry miliknya kebanjiran order.

“Kalau sekarang yang banyak masuk ke laundry kami pembersihan karpet lantai dalam sehari rata-rata mencapai 15 karpet. Untuk pakaian ada juga tapi cuma sedikit. Untuk baju yang masuk kesini sedikit mungkin dikarenkan basah, kan semakin berat baju maka harganya akan semakin mahal. Sedangkan, untuk karpet lantai kami hanya mematok dari ukuran karpetnya,” ungkap wanita paruh baya tersebut,” ujar Neli Susanti.

Neli menuturkan, saat banjir memasuki permukiman umumnya warga hanya fokus menyelamatkan barang berharga, seperti alat elektronik dan juga surat-surat berharga. Sementara, baju dan juga karpet lantai sering kali lupa dipindahkan ke tempat yang tidak terkena air banjir.

”Baju dan karpet lantai yang terkena banjir biasanya sangat kotor, dikarenakan air biasanya bercampur lumpur dan juga sampah,” ucapnya.

Untuk tarif jasa pembersihan pakaian dan karpet yang ditawarkan Laundry Simbara beragam. Untuk pakain dipatok mulai dari harga Rp 7 ribu per kilogram sampai Rp 15 ribu per kilogram. Tergantung berapa lama estimasi harinya. Sedangkan, untuk karpet lantai dipatok mulai dari Rp 60 ribu sampai Rp 100 ribu. Tergantung dari ukuran dan juga ketebalan karpet tersebut.

”Untuk memudahkan konsumen kami juga menawarkan jasa antar jemput pada konsumen ketika ingin mencuci pakaian ataupun karpet lantai,” tutupnya.  (Mg1)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*