Bangunan Tak Sesuai RAB dan Aset di rumah Kades

Inspektorat Periksa Fisik Pelaksanaan DD Lubuk Tanjung
Tampak tim dari Inspektorat BU saat melakukan pengecekan di Desa Lubuk Tanjung, kemarin (12/7).

AIR NAPAL, Bengkulu Ekspress- Inspektorat Bengkulu Utara (BU) kembali turun melakukan pemeriksaan fisik pengelolaan Dana Desa (DD) Lubuk Tanjung Kecamatan Air Napal. Kali ini tim Inspektorat dibawah komando Inspektur Pembantu (Irban) II Bukhari Muslim menemukan bangunan yang dikerjakan tak sesuai Rencana Anggara Belanja (RAB).

”Tadi (kemarin, red) tim dari Inspektorat tiba di desa sejak pagi dan langsung melakukan pemeriksaan,” ujar Kepala Dusun (Kadun) I Desa Lubuk Tanjung Bambang Irawan kepada BE ditemui, kemarin (12/7).
Ia menambahkan pemeriksaan yang dilakukan tim Irban II yakni kantor desa, gudang desa, aset-aset kantor, peralatan PKK dan pengadaan tenda desa. Dari pemeriksaan itu, menurutnya tidak ada yang sesuai RAB. Bahkan keseluruhan aset desa berada di rumah kades.

”Semua yang dikelola dari Dana Desa diperiksa Inspektorat. Terutama soal kayu yang seharusnya kayu kelas II, tapi yang digunakan hanya kayu murahan. Parah lagi aset desa tidak ada di gudang ataupun dalam kantor, tapi di rumah kades semuanya,” ungkapnya.
Untuk itu, ia berharap audit yang dilakukan Inspektorat dapat dibuatkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sesuai temuan tersebut. ”Kita harapkan Inspektorat membuat hasil audit sesuai dengan apa yang ditemukan,” terangnya.

Terpisah Inspektur Inspektorat Daerah BU ABD Salam SH melalui Irban II Bukhari i Muslim menyebutkan hasil pemeriksaan masih dalam perekapan dan pendalaman pihaknya. Sehingga nanti akan dibuatkan LHP sesaui temuan pemeriksaan. ”Insyaallah secepatnya akan kita buatkan LHP nya. Tim masih merekap dan menyimpulkan seluruh temuan yang telah didapat,” pungkasnya.(816)