Bangun Sekolah Secara Swadaya

Bakti/BE – Pelajar SMK Pertanian Nusantara tampak bersemangat membantu pengerjaan ruang belajar mereka, beberapa waktu lalu.

MERIGI KELINDANG, Bengkulu Ekspress – SMK Pertanian Nusantara di Desa Kelindang, Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mulai berkembang. Dari yang sebelumnya hanya menempati ruangan darurat dari papan dan triplek, kini ruang kelas belajar (RKB) secara permanen mulai dibangun. Tahun 2019 ini, pembangunan baru sebatas 2 lokal atau 2 RKB.

“Alhamdulillah, tahun ini 2 RKB akan dibangun,” kata Kepala SMK Pertanian Nusantara 4, Mardiana.

Lebih lanjut, Mardiana menjelaskan, pembangunan dilakukan secara swadaya masyarakat. Dimana, seluruh pekerja atau tukang berasal dari warga sekitar dan wali murid. “Semua dikerjakan secara swadaya,” beber Mardiana.

Terwujudnya pembangunan tentu saja tak lepas dari bantuan para donatur yang memiliki rezeki lebih. Donasi bisa dilakukan secara langsung maupun melalui nomor rekening sekolah. “Sejauh ini, terkumpul donasi senilai Rp 30 juta. Uang itulah yang digunakan untuk membeli material bangunan. Seperti semen, pasir, bata dan lainnya,” papar Mardiana.



Menurut Mardiana, uang yang telah terkumpul saat ini belum mencukupi kebutuhan. Karena itu, ia berharap ada tambahan donasi yang berasal dari berbagai kalangan. Di sisi lain, Mardiana mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun kedua berdirinya SMK Pertanian Nusantara 4.

Alhasil, antusias dan kepercayaan masyarakat sudah mulai terlihat. Sebanyak 39 orang tercatat sebagai pelajar yang sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Rinciannya, 12 orang kelas X, 15 orang kelas XI dan 12 orang kelas XII. “Sekarang sudah ada puluhan pelajar yang terdaftar sebagai peserta didik kami,” kata Mardiana. (135)