Bangun Pelapis Tebing 30 Rumah Warga Selamat

Kepala Desa (Kades) Kancing, M Ikhsan Hermuna saat menunjukkan pelapis tebing yang dibangun dari DD tahun 2018, kemarin (12/9).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Kondisi yang berbukit membuat kompleks perumahan warga di Desa Kancing, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) rawan longsor.Menghindari korban jiwa dan kerugian materil, Pemerintah Desa (Pemdes) Kancing langsung bertindak. Dengan menggunakan kucuran dana desa (DD), Pemdes Kancing membangun pelapis tebing secara bertahap.

“Dengan keterbatasan DD, pembangunan pelapis tebing kami lakukan secara bertahap,” ungkap Kepala Desa (Kades) Kancing, M Ikhsan Hermuna ditemui BE, kemarin (12/9).

Hasil pendataan yang dilakukan, sambung Ikhsan, terdapat sebanyak 30 rumah warga yang saat ini dalam kondisi terancam bahaya. Pasalnya, puluhan rumah permanen milik masyarakat itu dibangun secara bertingkat-tingkat.

“Bahkan, kondisi rumah saya juga dalam kondisi terancam longsor dan belum dibangun pelapis tebing. Pembangunan pelapis tebing akan dilakukan pada beberapa titik rawan,” beber Kades.

Sebelum mendapat suntikan DD, kata Ikhsan, pihaknya telah beberapa kali mengajukan permohonan atau bantuan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Akan tetapi, sampai tahun 2018 apa yang diharapkan belum juga diakomodir.



“Dana desa membawa berkah bagi masyarakat. Dengan bantuan dana itu, masyarakat bisa merasakan secara langsung percepatan pembangunan di masing-masing desa tanpa harus menunggu kebijakan Pemda,” tandas Iksan.

Pada tahun 2018 ini, jelas Ikhsan, pihaknya telah merancang pembangunan pelapis tebing sepanjang 100 meter yang tesebar di Dusun 2 dan Dusun 3.

“Sebagian sudah kita laksanakan dengan menggunakan DD tahap II. Sebagian lagi akan dilanjutkan dengan menggunakan DD tahap III tahun 2018 ini,” demikian Ikhsan.(135)