Bangun Lapas Perempuan dan Anak

Kepala Kemenkumham Provinsi Bengkulu Ilham Djaya
Kepala Kemenkumham Provinsi Bengkulu Ilham Djaya

BENGKULU, Bengkulu Ekpress – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) Provinsi Bengkulu, segera membangun Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang baru, yakni Lapas khusus perempuan dan anak. Rutan perempuan dan anak ini dibangun di kawasan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

“Kami sudah dapat lampu hijau dari Pemerintah RI dan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan anggarannya pun sudah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 ini,” terang Kepala Kantor Kemenkumham Provinsi Bengkulu Ilham Dyaja kemarin (30/1) kepada BE.
Sekarang ini proses pembangunan Lapas perempuan dan anak itu masih pelelangan lahan. Lahan yang dibutuhkan seluas 2 hektar.

“Anggarannya sekitar Rp 16 miliar lebih,” bebernya.

Kapasitas Lapas yang dibangun pada 2018 ditargetkan bisa menampung sekitar 150-200 orang tahanan dan narapidana perempuan dan anak pastinya.

“Untuk sejumlah 150 sampai 200 orang narapidana perempuan dan anak sudah sangat besar pasalnya, untuk napi perempuan dan anak tidak sebanyak napi laki-laki yang memerlukan lapas yang besar,” jelasnya.

Pemisahan tahanan khusus anak dan perempuan sangat tepat untuk menghindari narapidana mengalami korban sodomi dan kejahatan seksual di dalam Lapas.Selain itu, memang sudah saatnya Bengkulu punya rumah tahanan khusus perempuan dan anak apalagi saat ini baik Lapas Bentiring dan Rutan Malabero sudah over kapasitas. (529)