Bangun Jembatan Gantung

INFRASTRUKTUR jalan dan jembatan fasilitas yang sangat diharapkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian sebuah daerah. Hanya saja masyarakat Desa Tanjung Sanai Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) yang telah lama mendambakan adanya pembangunan jembatan gantung permanen di daerah tersebut belum juga terwujud.

Tokoh masyarakat PUT, Nirwan Paraji menerangkan, saat ini para petani di kawasan itu mengharapkan pembangunan jembatan gantung permanen di Sungai Kelingi. Pasalnya, selama ini para petani kurang maksimal dalam produksi lantaran terkendala sulitnya akses menuju dan keluar kawasan pertanian. Seandainya keinginan petani itu terwujud, ia meyakini dapat meningkatkan produksi dan taraf ekonomi masyarakat setempat.

“Selama ini petani, baik itu petani padi maupun perkebunan masih mengandalkan jembatan sederhana berbahan bambu. Terus terang kondisi itu sangat menjadi kendala para petani untuk mengangkut hasil produksinya. Bayangkan saja, kondisi jembatan saat ini tak mampu dilintasi beban yang terlalu berat. Sehingga petani kerepotan saat membawa hasil produksinya,” ujar Nirwan.

Dikatakan Nirwan, masyarakat telah mengajukan permohonan tertulis kepada bupati sejak tahun 2009, namun sayang hingga saat ini belum ada realisasinya. “Belum ada tanda-tanda pembangunan seperti yang kami ajukan. Ditinjau saja belum pernah hingga sekarang padahal masyarakat sangat membutuhkan jalan dan jembatan yang baik,” kata Nirwan. (999)