Bangun Infrastruktur Jalan,dan Gedung

ilustrasi-pembangunan-jalan
FOTO : Ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Selama tiga tahun terakhir Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepahiang sudah membangun jalan hotmix sepanjang 6.343 km. Pembangunan jalan hotmik tersebut tersebar di 18 titik pekerjaan di 8 kecamatan.  Pembangunan jalan hotmix dilaksanakan bertahap selama tiga, yaitu 2016 sepanjang 30,20 km di 8 Titik. Dilanjutkan tahun 2017 sepanjang 21,44 km untuk 7 titik dan tahun 2018 panjang 11,89 km untuk 3 titik lokasi pengerjaan.

“Selama tiga tahun terakhir, pembangunan jalan hotmix sepanjang 6.343 km dengan anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas PUPR,” ungkap Plt Kadis PUPR Kepahiang, Rudy Silaloho ST.

Selain jalan hotmix, Dinas PUPR juga melakukan pembukaan jalan baru dibeberapa titik.  “Tentunya infrastruktur jalan jadi fokus utama, sebab jalan yang menjadi kebutuhan dasar agar akses keluar masuk sebuah daerah semakin lancar. Hingga memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil perkebunan ataupun barang kebutuhan lainnya,” tutur Rudy.



Selama pembangunan jalan hotmix, Dinas PUPR juga tidak melupakan pembangunan sarana dan prasarana penting lainnya. Seperti, rumah adat, masjid Agung, Kantor Camat Tebat Karai, rumah dinas Wabup/Sekda serta 3 unit rumdin unsur pimpinan DPRD Kabupaten Kepahiang.

“Kita juga terus berupaya menggali sumber anggaran dari kementerian, agar bisa dialokasi untuk Kabupaten Kepahiang. Tentunya akan bisa mempercepat laju pembangunan yang dibutuhkan Kabupaten Kepahiang selama ini,” ucapnya.

Tahun 2019, pembangunan jalan hotmix semakin digalakkan Pemkab Kepahiang. Jalan hotmix juga dibangun melalui dana pinjaman daerah PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 59 miliar. Pencairan dana pinjaman akan berlangsung sekaligus dalam setahun ini. Sehingga pembangunan tiga titik jalan hotmix, yakni di Desa Langgar Jaya, jalan KTNA dan Jalan TWA pembangunan dapat dituntaskan diakhir tahun 2019 ini. (320)