Bangun 6 Pasar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perdagangan tahun 2018, mengalami kenaikan dan berdampak positif akan bertambahnya pembangunan pasar. Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, A Halim, S.E M.Si menyampaikan, tahun ini telah di rancang sebanyak enam pasar. Lima pasar dibangun dengan pagu anggaran masing-masing diatas Rp 1 miliar dan satu pasar lagi merupakan pasar desa dengan pagu anggaran sekitar Rp 251 juta lebih.

“Tahun ini sebanyak enam pasar yang akan dibangun,” bebernya.

Dijelaskannya, untuk lima pasar pagu anggaran diatas Rp 1 miliar tersebut akan di bangun pasar di Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Rumbai. Kegiatan pembangunan los dan kios terbuka dengan pagu anggaran Rp 1,2 miliar. Pembangunan los terbuka di Desa Lubuk Mukti Kecamatan Penarik, dengan pagu anggaran Rp 1,4 miliar. Pasar di Desa Talang Arah Kecamatan Malin Deman, pagu anggaran disiapkan sebesar Rp 1,07 miliar. Pasar di Desa Lubuk Sanai Kecamatan XIV Koto, pagu anggaran sebesar Rp 1,07 miliar lebih dan pasar di Desa Tunggang Kecamatan Pondok Suguh, pagu anggaran Rp 1,07 miliar lebih.

“Ini baru sebatas rancangan. Kita masih menunggu petunjuk teknis lebih lanjut dari Kementerian Perdagangan,” ujarnya.

Dia memastikan pasar yang akan dibangun oleh pemerintah tersebut diutamakan yang sudah lama dan belum mendapat pembangunan. “Untuk pembangunan pasar, kembali dengan tersedianya anggaran. Jika anggaran memadai, tidak menutup kemungkinan lebih banyak lagi pasar yang dibangun berikut dengan sarana dan prasarana pendukung lainnya,” lanjutnya. (900)