Bangun 5 Sumur Bor

SUMUR BOR - Kades Pelajau, Ujang Supran bersama warga menunjukan sumur bor yang dibangun dengan menggunakan DD tahun 2018
Bakti/Bengkulu Ekspress
SUMUR BOR : Kades Pelajau, Ujang Supran bersama warga menunjukkan sumur bor yang dibangun dengan menggunakan DD tahun 2018, kemarin (11/9)

PELAJAU, Bengkulu Ekspress – Mengatasi krisis air bersih yang terjadi setiap musim kemarau, Pemerintah Desa (Pemdes) Pelajau, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Benteng akhirnya membangun sumur bor.Bahkan, pembangunan sumur bor sengaja disebar di 5 titik pemukiman masayarakat. Yakni, di Dusun 1, Dusun 2 dan Dusun 3.

Kepala Desa (Kades) Pelajau, Ujang Supran menjelaskan, pembuatan sumur bor merupakan impian warga Desa Pelajau sejak dahulu.Sebab, saat musim kekeringan, hampir sebagian besar masyarakat memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari. Seperti untuk mandi maupun mencuci pakaian.

“Ketika musim kemarau, sumur milik warga selalu mengalami kekeringan. Mengakhiri peemasalahan ini, kami membangun sumur bor uang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat umum,” kata Kades.



Diungkapkan Kades, pembangunan sarana air bersih ini dapat terealisasi dengan menggunakan kucuran dana desa (DD) bantuan pemerintah pusat tahun 2018.”Dari total Rp 700 juta DD yang kami terima. Sebagian kami alokasikan untuk pembangunan sarana air bersih. Selain itu, kami juga membangun jembatan menuju JUT dan rehab gedung Polindes,” papar Kades. Senada disampaikan, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Pelajau, Marhadi.Dikatakan dia, pembangunan sarana air bersih telah sesuai dengan kesepakatan masyarakat saat musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2018.

“Sesuai dengan aturan, pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan sistem padat karya. Dimana, pembangunan infrastruktur dilakukan dengan menggunakan pekerja yang berasal dari masyarakat setempat,” demikian Marhadi.(135)