Bangun 2 RPH

rph-1-638
foto:ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko berencana akan membangun dua unit Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Ipuh dan Penarik.

“Dua unit RPH akan dibangun,”sampai Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman SPt dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (19/9).

Menurutnya, rencana penambahan RPH itu diperuntukan men

dongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. Pasalnya, retribusi yang dihasilkan dari RPH tergolong lumayan besar. Ini dibuktikan dalam setahun, retribusi dapat mencapai sebesar Rp 23 juta.

“Setahun saja , PAD-nya mencapai Rp 23 juta. Itupun baru dihasilkan dari satu RPH yang ada saat ini Padang Panaik Desa Pasar Sebelah,”bebernya.

Dua kecamatan yang diusulkan untuk pembangunan baru, telah dilakukan pengkajian dan perencanaan yang cukup matang. Salah satunya di dua kecamatan itu mempunyai potensi yang cukup besar. Termasuk kecamatan itu keberadaan pedagang daging banyak, belum lagi tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi daging.



Sehingga, bagi pedagang daging yang akan melakukan pemotongan tidak jauh lagi datang ke RPH Desa Pasar Sebelah. Untuk pembangunan 2 RPH itu dibutuhkan anggaran mencapai ratusan juta rupiah. Termasuk untuk pembelian perlengkapan pemotongan dan sarana pendukung lainnya dibangunan tersebut.

“Perkiraannya sekitar Rp 800 juta dan diusulkan di APBD 2019 mendatang,”lanjut Warsiman.(900)