Bangun 2 Puskesmas, Siapkan Dana Rp 8,4 Miliar

Azwar

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur terus melakukan rehab dan membangun kembali Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di beberapa wilayah di Kabupaten Kaur. Untuk tahun 2021 ini, Dinkes Kaur telah menyediakan anggaran Rp 8,4 miliar lebih untuk kegiatan pembangunan dua Puskesmas, yakni Puskesmas Tanjung Kemuning Rp 5,4 miliar dan Puskesmas Mentering Kecamatan Semidang Gumay Rp 3 miliar.

“Ya untuk tahun 2021 ini kita akan kembali membangun 2 puskesmas di Tanjung Kemuning dan Mentering. Pembangunan Puskesmas ini melalui dana DAK pusat dengan total anggaran kita siapkan Rp 8,5 miliar,”kata Kepala Dinkes Kaur Azwar S Sos beberapa hari lalu.

Dikatakan Azwar, dua Puskemas ini akan membangun di atas tanah puskesmas yang ada saat ini. Dimana Puskesmas sebelumnya memang sudah tidak layak dan harus dibangun kembali sesuai standar Permenkes. Dimana nantinya bangunnya akan menjadi empat kali lipat lebih megah dari bangunan sebelumnya.

“Untuk dua Puskesmas ini nanti akan kita lakukan penghapusan aset terlebih dahulu karena bangunan ini akan dihancurkan. Nah Puskesmas Tanjung Kemuning ini dibangun dibangunan lama itu dan untuk Pukemas Mentering akan direlokasi kesebela bangunan lama karena masih ada lahan kosong,” terangnya.

Ditambahkannya, dimana saat ini Kabupaten Kaur terdapat 16 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan. Diantaranya terdapat lima puskesmas yang melayani rawat inap atau puskesmas perawatan dan 11 puskesmas yang melayani rawat jalan. Dibangunnya 2 Puskesmas ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kaur.

“Kita berharap kedepan setiap Puskesmas harus melaksanakan pelayanan yang prima untuk masyarakat Kaur. Karena jangan sampai ada masyarakat yang tidak bisa berobat,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*