”Bangkai” ATM Ditemukan di Pantai Pasir Putih

Mesin ATM BCA Yang Digondol Maling (1) - CopyBeberapa jam setelah olah TKP dilakukan, mesin ATM BCA ditemukan dikawasan Pantai Pasir Putih sekitar pukul 11.00 WIB. Yang pertama kali menemukan mesin ATM tersebut Kamizan (43) seorang buruh bangunan, yang tengah membangun auning di sekitar lokasi.

“Barusan ketemunya, aku langsung lapor Pos BKSDA. Mereka yang menghubungi polisi,” ungkap Kamizan sembari mengakui dirinya sempat memagang mesin tersebut sebelum petugas datang.

Setelah dilakukan pemeriksaan sidik jari oleh tim Identifikasi Polres, mesin tersebut langsung diamankan Polisi ke Mapolres Bengkulu. Perkara pembobolan mesin ATM BCA ini tengah ditangani oleh Polres Bengkulu, untuk mengungkap dan menangkap pelakunya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kawanan bandit spesialis pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) kembali beraksi di Kota Bengkulu. Dini hari kemarin (24/6), 4 unit mesin ATM  milik berbagai bank di dua lokasi berbeda menjadi sasarannya. Sedikit uang tunai Rp 200 juta raib.

Uang tersebut berasal dari mesin ATM Bank Central Asia (BCA) yang berada di dalam Mini Market Joyo Mart, di Jalan Flamboyan 19 Kelurahan Kebun Kenanga Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu sekitar 200 meter dari Simpang Skip. Pelaku yang diperkirakan berjumlah 6 orang itu beraksi sekitar pukul 04.00 WIB. Mesin ATM tersebut ikut dibawa kabur pelaku.

Peristiwa ini baru diketahui sekitar pukul 07.30 WIB, oleh Riko (20) salah seorang karyawan Joyo Mart ketika akan membuka toko.

“Tadi anak (karyawan) masuk pagi yang mengetahui pertama kali, sewaktu mau buka toko,” jelas Wahyu yang juga karyawan Joyo Mart tersebut.

Peristiwa pembobolan ini, langsung dilaporkan ke Mapolres Bengkulu. Tim Identifikasi Polres tiba di lokasi kejadian langsung melakukan identifikasi atau olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Di lokasi kejadian polisi telah mendapatkan rekaman CCTV ATM.  Terekam 2 orang pelaku yang beraksi membongkar ATM tersebut. Diperkirakan para pelaku jumlah sekitar 6 orang. Mereka msuk ke dalam toko dengan merusak kunci gembok roling door. Setelah berhasil masuk, para pelaku langsung membongkar ATM BCA yang ditempatkan di samping meja kasir toko Joyo Mart tersebut. Selain menggondol mesin ATM BCA, pelaku juga mengambil sejumlah rokok di toko tersebut.

“Keterangan pemilik toko, roling door digembok. Di TKP kita tidak menemukan gembok tersebut. Diperkirakan para pelaku menggunakan kendaraan roda empat sehingga bisa membawa mesin ATM BCA tersebut,” jelas Kapolres Bengkulu AKBP Iksantyo Bagus Pramono SH MH melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Citra Akbar ST SIK, di TKP kemarin (24/6)(320/618)