Bangga, Batik Besurek Bengkulu Bersanding Dengan Ribuan Batik Nusantara

Bengkulu, Bengkuluekspress.com  Perasaan Bangga dirasakan GubernurBengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, terhadap batik khas Bengkulu, Batik Besurek. Batik Bsurek mampu bersanding dengan ribuan batik nusantara dalam gelaran Jakarta Convention Center (JCC) 2019.

Kebanggaan atas Batik Basurek ini diungkapkan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, saat menghadiri Pameran INACRAFT 2019 dan Mengunjungi Booth UMKM Batik Kain Basurek Provinsi Bengkulu, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (24/4).

“Sangat bangga dengan Batik Besurek yang semakin dikenal dan mampu bersanding dengan ribuan batik nusantara lainnya,” kata Rohidin.

Stand Batik Besurek binaan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Bengkulu dan Dekranasda Provinsi Bengkulu tersebut, mampu berjejer di tengah ribuan batik Indonesia yang sangat terkenal.

Batik besurek sendiri, merupkan batik khas yang Bengkulu yang sering dikenal dengan nama kain besurek. Dinamakan besurek, dalam bahasa daerah Bengkulu, besurek yang artinya bersurat.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena sebagian motifnya dibuat dengan kaligrafi Arab dan huruf Kaganga atau huruf asli Bengkulu. Kain Besurek dengan motif kaligrafi arab dan coraknya yang unik, menjadi daya tarik tersendiri untuk stand batik besurek binaan binaan Kpw Bank Indonesia dan Dekranasda provinsi Bengkulu tersebut.

”Motif batik besurek yang ditampilkan ini karakternya sangat unik dan bagus. Semoga kedepan, batik besurek lebih dikenal di kanca nasional maupun internasional,” pungkas mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu. (HBN)