Bang Ken Pendaftar Pertama DPD

DITO/Bengkulu Ekspress. Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA didampingi Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra beserta tamu undangan berfoto bersama pada kegiatan Pagelaran Seni Budaya menyongsong satu tahun penyelenggaraan pemilu 2019 di Bencoolen Mall Kota Bengkulu, Sabtu malam (21/4).
DITO/Bengkulu Ekspress. Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA didampingi Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra beserta tamu undangan berfoto bersama pada kegiatan Pagelaran Seni Budaya menyongsong satu tahun penyelenggaraan pemilu 2019 di Bencoolen Mall Kota Bengkulu, Sabtu malam (21/4).

KPU Deklarasi Pemilu Damai

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Mantan Walikota Bengkulu yang juga anggota Incumbent DPD RI H. Ahmad Kanedi, SH MH menjadi yang pertama mendaftar Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilhan (Dapil) Provinsi Bengkulu pada Pileg 2019 mendatang.

Bang Ken (panggilan akrab H. Ahmad Kanedi) secara resmi mendaftarkan diri kek KPU Provinsi Bengkulu pada hari pertama pembukaan Pendaftaran, minggu 22 April 2018 pukul 09.30 WIB dengan menyerahkan dukungan berupa foto copy KTP sebanyak 4.007 lembar dengan sebaran seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Ahmad Kanedi datang di dampingi istri dan anak-anak nya serta rombongan saat mendatangi KPU yang langsung di sambut oleh ketua KPU Irwan Saputra dan anggota KPU, perwakilan Bawaslu Provinsi, serta sekretaris KPU Provinsi Bengkulu.

Saat diwawancarai usai pendaftaran, Bang Ken mengungkapkan bahwa ia maju kembali sebagai calon anggota DPD karena masih banyaknya dukungan dari masyarakat baik dari pendukung nya pada pemilihan 2014 lalu maupun pendukung baru nya yang berharap agar Bang Ken untuk tetap di DPD RI sehingga dapat berbuat lebih lagi bagi Provinsi Bengkulu.

Ditambahkannya, duduk sebagai anggota DPD bisa leluasa menyuarakan kepentingan rakyat ketimbang duduk di DPR RI. Karena duduk sebagai anggota DPR, selain harus memperjuangkan suara rakyat, juga memperjuangkan suara partai atau organisasi. “Dengan duduk di DPD kita bisa bisa fokus memperjuangkan aspirasi rakyat mulai dari tingkat desa hingga ke tingkat Provinsi, dan kita menjadi mitra pemerintah tanpa ada unsur politik,” sampainya.

Selain itu Bang Ken juga berharap pada pemilihan tahun 2019 mendatang mari sama-sama menjaga kedamaian di masyarakat sehingga tidak adanya dendam dan rasa sakit hati kepada masing-masing calon. “kalau saya optimis pemilihan di Provinsi Bengkulu ini akan tetap damai karena masyarakat Bengkulu sudah pintar dalam menentukan pilihan “ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Irwan saputra usai menerima pendaftaran tersebut menjelaskan, semua dukungan yang telah diserahkan oleh calon DPD akan diverifikasi secara ketat melalui dua tahap penelitian yaitu tahap verifikasi administrasi selama 14 hari dan verifikasi Faktual selama 3 minggu. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya dukungan ganda. “Semua berkas. termasuk dukungan KTP akan kita verifikasi secara satu persatu, jika setelah diverifikasi nanti dan ternyata jumlah dukungan yang tersisa kurang dari syarat 2000, maka kita berikan kesempatan untuk memperbaikinya,” terangnya Irwan.

Disisi lain pendaftaran anggota DPD RI Dapil Bengkulu di buka dari tanggal 22 April 2018 sampai 27 April 2018.

Deklarasi Pemilu Damai
Sementara itu, menyambut pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mendeklarasikan Pemilu Damai, Anti Hoax, Anti Money politic dan Anti SARA yang dikemas dalam bentuk pagelaran seni dan budaya, Sabtu malam (21/4) di Bencoolen Mall.
Bersama deklarasi ini diharapkan dapat menciptakan pemilu yang bermartabat dan berjalannya pemilu yang berintegritas.

Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA dalam sambutannya menyatakan, sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Kegiatan ini menjadi langkah konkret mewujudkan pemilu Bengkulu yang berintegritas dan bermartabat. “KPU Provinsi Bengkulu terbaik ketiga nasional dalam hal integritas, kegiatan ini sangat positif untuk terus mempertahankan integritas tersebut dan mewujudkan pemilu yang bermartabat,” tutur Rohidin.

Kegiatan yang berlangsung di Bencoolen Mall Kota Bengkulu ini, selain menampilkan beberapa kesenian daerah Bengkulu. Kegiatan ini juga memang diperuntukkan untuk umum sehingga digelar di salah satu pusat perbelanjaan kebanggan Bengkulu ini yang diharapkan, deklarasi ini juga bisa disaksikan masyarakat Bengkulu. “Deklarasi ini memang harus disaksikan masyarakat Bengkulu sehingga sangat tepat digelar disini di tengah-tengah masyarakat,” sambung Rohidin.

Rohidin juga menambahkan, kegiatan ini dinilai sangat positif, karena selain dikemas dalam bentuk pagelaran seni dan budaya daerah Bengkulu, juga dilakukan deklarasi Pemilu Damai, Anti Hoax, Anti Money Politic dan Anti SARA yang diharapkan setiap parpol menuju Pemilu tahun depan agar lebih berkualitas, meningkatnya partisipasi pemilih, hasilnya lebih baik lagi, dan bisa berjalan aman dan lancar. “Dengan deklarasi politik ini, Kedepannya diharapkan, kegiatan pemilu bisa semakin lancar dan damai serta dengan pagelaran seni budaya ini juga bisa semakin mengenalkan Bengkulu,” tutup Rohidin.

Senada dengan Rohidin, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM menyatakan, tujuan deklarasi ini juga sekaligus sebagai sosialisasi Parpol untuk Pemilu tahun depan. Adapun konsep pangelaran seni dan budaya ini bertujuan agar proses pesta demokrasi berlangsung menggembirakan dan mengedepankan kearifan lokal.

“Deklarasi ini sengaja dikemasdengan pagelaran seni agar selain disaksikan, kegiatan ini juga bisa dinikmati masyarakat Bengkulu,” ujar Irwan.

Sedangkan dipilihnya kegiatan di pusat perbelanjaan, diharapkannya, agar bisa menyedot pengunjung untuk hadir serta menyaksikan kegiatan sosialisasi ini, yang selanjutnya diharapkan juga dapat meningkat partisipasi pemilih kedepannya.

“Kami menargetkan partisipasi pemilih semakin meningkat, dengan target nasionalnya yang menjadi 79 persen dengan mewujudkan pemilih bermartabat untuk pemilu yang berdaulat” singkat Irwan.
Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu, Susi Marleny Bachsin SE MM yang juga menjadi salah satu parpol peserta Pemilu 2019, juga memberikan apresiasi atas kegiatan ini yang mengangkat kearifan lokal Bengkulu melalui seni dan budaya daerah. Diharapkan pelaksanaan Pemilu Legislatif yang berbarengan dengan Pilpres, berjalan aman dan lancar. “Kita samasama berharap pesta demokrasi kita berjalan lancar, aman, dan juga jujur dan bersamasama mewujudkan kemajuan Bengkulu,” singkat Susi.

Kegiatan deklarasi ini selain dihadiri langsung Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, juga dihadiri Perwakilan Bawaslu Provinsi Bengkulu, Ketua dan Sekretaris parpol peserta Pemilu 2019, dan undangan lainnya, seperti Anggota DPD RI Ahmad Kanedi serta Riri Damayanti.(999/(cik5))