Bang Ken Gelar Sayembara

Reward bagi Penemu Perusak Baliho

BENGKULU, BE – Ini baru menarik. Sebagai pemimpin yang dikenal bijak, toleran dan demokratis, Walikota Bengkulu, H Ahmad Kanedi SH MH (Bang Ken), mengadakan sayembara berkaitan dengan upaya mensukseskan Pilwakot 2012. Apa itu? Walikota yang akrab disapa Bang Ken, akan memberikan reward (hadiah) bagi siapa pun warga kota yang berhasil menemukan pelaku perusakan baliho yang telah merusak citra warga kota. Bentuk reward yang akan diberikan masih dirahasiakan supaya ada kejutan. Yang jelas hadiahnya pantas dan akan membuat gembira. Sayembara berlaku bagi semua kalangan; pria-wanita, tua-muda hingga anak-anak.
Sayembara Bang Ken ini muncul akibat keprihatinannya terhadap keluhan sejumlah calon yang mengaku balihonya dirusak. Sayembara juga bertujuan menghindarkan kasus baliho dirusak itu agar tidak menjadi komoditas politik dan pencitraan oleh calon tertentu. “Bagi adik-sanak yang berhasil menemukan pelaku perusakan baliho agar dapat menghadap saya, dan akan saya berikan reward yang pantas. Perusak baliho tidak boleh dibiarkan merajalela, karena itulah sayembara ini dibuka untuk umum untuk melawan hal-hal tidak benar jelang pilwakot,” tandas walikota kepada wartawan, usai mengikuti Isra Mi’raj di beberapa tempat dalam kota, kemarin (17/6).
Gagasan Bang Ken ini mendapat dukungan luas dari banyak pihak. Dekan Fisip Unib, Drs Panji Suminar MA mengapresiasi tindakan ini sebagai bentuk kedewasaan Bang Ken dalam berpolitik etis. Sayembara juga penting guna menguak ada apa dengan baliho yang rusak itu. Sebab warga kota selama ini dikenal santun. Apalagi beredar info jika baliho yang dirusak ternyata rusaknya di bagian-bagian tertentu saja yang terlihat disengaja. “Dengan adanya sayembara, upaya mengetahui pelaku pengrusakan akan diketahui. Dari sanalah akan ketahuan motivasinya apa,” ujar Panji.
Tokoh masyarakat yang juga lawyer, Panca Darmawan SH menyatakan pagelaran sayembara merupakan bukti jika Bang Ken menginginkan Pilwakot berjalan bersih dan lancar. Juga bertujuan memberikan pendidikan politik dan hukum kepada warga kota. “Supaya pilwakot berjalan bersih dari oknum-oknum tertentu yang berupaya memanfaatkan isu ini, maka sayembara layak didukung oleh semua warga kota. Jika nanti kasusnya sudah sedemikian mengkhawatirkan, saya kira sepantasnya dapat dikoordinasikan kepada aparat hukum,” demikian Panca. So, jika Anda berhasil menemukan pelaku perusak baliho, dapat melaporkan langsung ke Balai Kota atau ke rumah Bang Ken di Kandang Limun. (bis)