Bang Ken Fasilitasi Mesin Jahit di Rumah Fatmawati

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Anggota DPD RI dapil Bengkulu Ahmad Kanedi (Bang Ken) menyerahkan satu unit mesin jahit ke rumah Fatmawati Soerkano, Senin (14/08/2017). Mesin jahit tersebut diterima langsung oleh pengelola rumah, Marwan Amanadin.

Dikatakan Bang Ken, mesin jahit diserahkan sebagai penunjang sarana wisata sejarah di rumah istri dari Proklamator sekaligus Presiden pertama Repubulik Indonesia, Soekarno .

“Selama ini, tidak ada mesin jahit yang standby untuk digunakan para pengunjung. Di sini hanya ada mesin jahit yang bisa dilihat, yang pernah digunakan Ibu Fatmawati dahulu,” kata Bang Ken.

Dengan adanya mesin jahit baru, Bang Ken berharap para pengunjung bisa merasakan bagaimana menjahit di replika bendera merah putih di Rumah Fatmawati. Sehingga, setiap pengunjung yang datang dapat menjahit replika bendera merah putih dan membawanya pulang sebagai oleh – oleh. Para pengunjung yang menjahit disini juga akan mendapatkan sertifikat.

“Selama ini jika ada yang berkunjung seperti Menteri Sosial kemarin, kita harus pinjam dulu. Nah sekarang tidak perlu lagi karena sudah ada mesin jahit permanen,” ujar Mantan Wali Kota Bengkulu ini.

Sementara itu, pengelola Rumah Fatmawati Marwan Amanadin mengaku senang dengan difasilitasinya mesin jahit oleh Senator Bengkulu, Bang Ken. Menurutnya, ini merupakan salah satu aksi nyata untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Rumah Fatmawati yang merupakan situs wisata sejarah di Bengkulu.

“Sebelumnya mesih jahit memang tidak ada disini. Jadi wisatawan hanya sekedar berkunjung saja. Tapi kalau sekarang mereka bisa melakukan aktivitas menjahit  bendera merah putih dan membawanya pulang,” kata Marwan.

Seperti diketahui, menurut sejarah, dirumah inilah Fatmawati menjahit sang saka merah putih untuk dikibarkan pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 agustus 1945. (Dil)