Balai KB Terkendala Lahan

=Foto : Sri Haryati Prasetya

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Benteng kembali membangun Balai Keluarga Berencana (KB) ditahun 2019.Kepala DP3APPKB Kabupaten Benteng, Sri Haryati Prasetya SSTP MPd menjelaskan, pembangunan balai ditahun ini akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Talang Empat.”Satu-satunya kecamatan yang belum memiliki Balai KB adalah Kecamatan Talang Empat,” kata Sri.

Mantan Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Pemkab Benteng ini menuturkan, awalnya Kecamatan Talang Empat sudah memiliki Balai KB di Desa Lagan. Akan tetapi, penambahan kecamatan baru, yakni Kecamatan Semidang Lagan membuat Desa Lagan menjadi bagian dari kecamatan terbungsu se-Kabupaten Benteng.

“Tahun ini, semua kecamatan sudah memiliki Balai KB. Tinggal lagi, kami perjuangkan pembangunan pagar kelilingnya. Sebab, baru 4 Balai KB yang memiliki pagar,” jelas Sri.

Sejauh ini, kata Sri, belum ada titik terang yang jelas mengenai rencana pembangunan Balai KB tersebut. Pasalnya, hingga saat ini belum ditemukan lahan yang cocok untuk untuk dibangun balai.Untuk lahan, jelasnya, masyarakat harus mengetahui bahwa Pemda Benteng tak memiliki anggaran untuk membayar ganti rugi.

“Kami hanya bisa membangun di atas lahan sudah dalam kondisi siap bangun. Awalnya, kami sudah berkoordinasi dengan Kades Nakau mengenai lahan yang diperlukan. Hanya saja, lahan tersebut kini sudah dibangunkan gedung serbaguna oleh Pemerintah Desa,” paparnya

Pembangunan akan dilakukan dengan menggunakan suntikan dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari Pemerintah Pusat. “Dana yang disiapkan berkisar diangka Rp 200 juta. Diharapkan, tahun ini terealisasi. Tentunya setelah lahan siap,” tandas Sri.(135)