Bak Terbuka Dilarang Angkut Orang

mobil bak terbuka
Foto: ist/ net

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum melalui Kabid Humas, AKBP Sudarno SSos MH melalui Kasubbid Penmas Kompol H Mulyadi menegaskan bahwa mobil bak terbuka tidak diperbolehkan membawa penumpang. Baik dalam rangka mudik maupun balik lebaran mendatang. Jika terdapat mobil bak terbuka masih mengangkut orang, dipastikan akan langsung ditilang di tempat.

“Bak terbuka memang tidak diperbolehkan membawa penumpang. Melalui ini kita mengimbau kepada masyarakat pemilik kendaraan jangan membawa penumpang, karena mobil tersebut bukan untuk menganggkut orang. Kalau terdapat masih ada mobil bak terbuka yang membawa penumpang, langsung kita tilang,” tegasnya, Selasa (12/6/2018).

Dijelaskan Sudarno, pemilik mobil juga harus memahami agar tidak menggunakan mobil yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Seperti mobil bak terbuka itu jelas bukan untuk menganggkut orang.

Sebab, jika mobil bak terbuka ini bebas membawa penumpang, maka rawan kecelakaan seperti mobil L300 dari arah Kabupaten Bengkulu Utara (BU), dari arah Kabupaten Seluma, dan dari Kabupaten Kepahiang, setiap perbatasan masuk Kota Bengkulu, mulai lebaran pertama hingga waktu yang tidak dapat ditentukan akan dijaga ketat. Hal ini guna menekan akan kecelakaan dan kematian selama lebaran ini.

“Ya, setiap perbatasan seperti di Simpang Nakau, Sungai Hitam, dan Betugan kita jaga, dan tidak diperbolehkan mobil bak terbuka membawa penumpang masuk ke wilayah Kota Bengkulu, kalau masih ada mereka harus siap terima sanksinya,” ujarnya.

Kemudian ia juga mengimbau kepada masyarakat, selama libur lebaran agar taat dalam berlalu lintas. Jika menggunakan kendaraan roda dua maka harus helm, surat menyurat, dan kelengkapan lainnya harus ditaati. Demikian juga dengan pengendara kendaraan roda empat.

“Kuncinya harus taat dan patuh berlalu lintas, kalau mobil bak terbuka membawa penumpang itu sudah melanggar perturan berlalu lintas,” pungkasnya. (529)