Baidu Segera Kuasai Distributor Aplikasi Smatrphone

203545_160420_BaiduBEIJING – Perusahaan pengelola mesin pencari internet terbesar di Tiongkok, Baidu Inc, akan membeli distributor aplikasi telepon pintar 91 Wireless seharga USD 1,9 miliar atau senilai Rp19,2 triliun. Menurut perusahaan yang berkantor pusat di Beijing itu, 57 persen saham 91 Wireless Websoft Ltd akan dibeli dari pemiliknya, NetDragon Websoft Inc. Sedangkan sisa saham lainnya akan dibeli dari pemilik saham minoritas.
NetDragon adalah perusahaan pengembang game, sementara 91 Wireless menjual dua aplikasi untuk telepon genggam di Tiongkok: 91 Assistant dan HiMarket. Kedua sistem aplikasi ini disebut-sebut telah dipakai untuk mengunduh lebih dari 10 miliar aplikasi.

Seperti dimuat Bloomber, Selasa (16/7), Baidu menyebut perusahaan yang sedang diincar itu adalah perusahaan terbesar di Tiongkok yang menyediakan aplikasi pihak ketiga dengan pengguna aktif yang potensial. Negeri Tirai Bambu itu dikenal sebagai negara dengan pengguna internet terbesar di dunia.

Catan akhir tahun lalu, ada 564 juta warga Tiongkok aktif di dunia maya. Di samping itu, jumlah warga Tiongkok yang online dengan menggunakan telepon genggam, tablet, serta piranti lain tanpa kabel naik 18 persen hingga 420 juta.(esy/jpnn)