Bagian Kesra Mangkir, Komisi I Kecewa

Hearing Anggaran MTQ

KEPAHIANG, BE – Komisi I DPRD merasa kecewa karena Bagian Kesra Setda Kepahiang tidak hadir¬† memenuhi undangan Komisi I terkait pertanggungjawaban penggunaan anggaran dalam pelaksanaan MTQ senilai Rp 2,2 Miliar. Padahal saat ini diketahui masih menyisakan hutang berupa pengadaan listrik pada pihak ketiga. Kekecewaan ini terlebih lagi surat undangan itu ditujukan kepada Bupati Kepahiang untuk memerintahkan Bagian Kesra yang merupakan panitia pelaksanaan MTQ menghadiri hearing yang dilaksanakan.”Kita (Komisi I) merasa kecewa dan merasa dilecehkan, kalau seperti ini patut dipertanyakan ketransparanan penggunaan anggaran seperti halnya dalam pelaksanaan MTQ lalu,” kata Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Edwar Samsi SIp MM, kemarin.

Jika pelaksanaan MTQ kemarin tidak ada persoalan , kenapa Bagian Kesra selaku panitia MTQ malah tidak hadir memenuhi undangan yang dikirimkan Komisi I DPRD. Jika penggunaannya benar seharusnya mereka tidak perlu takut untuk memaparkan penggunaan anggaran itu. Sesuai dengan undangan seharusnya pada Sabtu kemarin (24/11) hearing itu digelar, tapi Bagian Kesra tidak hadir.

Dengan ketidakhadiran itu, lanjut Edwar, langkah pihaknya tidak akan berhenti untuk mendapatkan kejelasan soal pertanggungjawaban penggunaan anggaran MTQ yang awalnya dianggarkan Rp 500 Juta kemudian ditambah lagi Rp 1,8 Miliar yang bersumber dari APBD Kepahiang.”Ironisnya belakangan diketahui dalam APBD Perubahan diajukan lagi anggaran untuk membayar hutang listrik sekitar Rp 161 Juta. Dengan begitu pelaksanaan MTQ tersebut mengabiskan dana yang cukup luar biara, makanya ini patut kita pertanyakan kepada panitia penyelenggara,” ujar Edwar.

Mengenai rencana audit investigasi yang akan diajukan oleh dewan untuk permasalahan ini, kemungkinan besar akan dilakukan apabila penjelasan Bagian Kesra selaku panitia penyelenggara MTQ tidak realistis. “Jika nanti dalam penjelasan dianggap tidak masuk diakal maka pilihan terakhir hanya audit investigasi itulah yang mesti dilakukan, tapi yang jelas kita lihat saja terlebih dahulu perkembangannya,” tandas Edwar.

Sementara itu, bagaian kesra saat dikonfirmasi mengenai masalah hearing menyampaikan jika Kabag Kesra Saukani SSOs masih dalam masa cuti.”Pak Saukani masih cuti, kemungkinan pada pekan depan baru masuk,” ujar salah seorang staff Kesrab