Badan Geologi Bangun Sumur Bor di RL

IST/BE – Petugas saat melakukan pembangunan sumur bor bantuan dari Badan Geologi Kementerian ESDM. Sumur bor tersebut dibangun di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Rejang Lebong khususnya di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (KESDM) di Desa yang ada dikawasan wisaya Danau Mas Harun Bastari tersebut.

“Tahun ini kita mendapat bantuan pembangunan satu unit sumur bor dari Badan Geologi Bandung dan kita tempatkan di Desa Karang Jaya,” sampai Kapala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Ir Karneli melalui Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, Verlis P ST.

Desa Karang Jaya mendapat bantuan dari Badan Geologi KESDM, setelah sebelumnya Desa Karang Jaya mengusulkan untuk mendapat bantuan program tersebut. Dijelaskan Verlis, bantuan pembangunan satu unit sumur bor tersebut mencapai Rp 400 juta lebih, dimana proses pembangunannya dilakukan langsung oleh Kementerian ESDM.

Dalam bantuan tersebut yang dibangun adalah sumur bor, penampung air, jenset dan rumah jenset. Sedangkan untuk jaringan air untuk mengalirkan ke rumah-rumah warga, nantinya menurut Verlis berdasarkan kebijakan aparat desa dengan masyarakat apakah akan dibangun secara swadaya atau bisa juga dengan memanfaatkan dana desa. “Selain pembangunan jaringan ke rumah-rumah warga kita serahkan ke desa mekanisme selanjutnya seperti pemeliharaan maupun pembelian solar untuk jensetnya juga kita serahkan sepenuhnya kepada warga,” papar Verlis.

Sementara itu, terkait dengan progres pembangunannya sendiri, menurut Verlis saat ini sudah mencapai 40 persen. Ia berharap pembangunan sumur bor tersebut bisa cepat selesai sehingga manfaatkan bisa segera dirasakan masyarakat Desa Karang Jaya. “Kita berharap dengan hadirnya sumur bor ini nanti bisa menjadi solusi untuk pemenuhan air bersih masyarakat Desa Karang Jaya dan sekitarnya,” paparnya.

Di sisi lain Verlis juga mengungkapkan bantuan pembangunan satu unit sumur bor dan fasilitas pendukung lainnya tersebut merupakan kedua kali yang diterima oleh Kabupaten Rejang Lebong. Dimana sebelumnya Kabupaten Rejang Lebong juga menerima program yang sama ditahun 2016 lalu. Untuk bantuan tahun 2016 lalu dibangun di Desa Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara. “ini merupakan bantuan kedua, karena pada tahun 2016 kita mendapat bantuan serupa yang kita bangun di Desa Tasikmalaya,” demikian Verlis.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*