Bacakades Ikuti Tes Tertulis

Tes Calon Kades (1)
Doni/Bengkulu Ekspress
IKUTI: Para kandidiat calon Kades dari 4 desa saat mengikuti tes tertulis secara serius di aula Setda Kabupaten Kepahiang, kemarin (28/8).

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kemarin (28/8), bertempat di aula Setda Kabupaten Kepahiang, Bagian Pemerintahan melakukan seleksi tes tertulis terhadap para bakal calon kepala desa (bacakades).

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kepahiang, Iwan Zamzam SH menuturkan, jika pelaksanaan tes tertulis tersebut lantaran dari beberapa desa yang akan melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) melebihi kapasitas calon dalam satu desa.

“Kalau keseluruhan ada 37 desa yang akan ikut dalam Pilkades serentak. Dalam pemilihan maksimal ada 5 calon kepala desa, lantaran ada 4 desa yang bacakades yang melebihi maka dilakukan seleksi dengan sistem tes tertulis,” ucapnya.

Tak hanya itu, didalam pelaksanan tersebut, Iwan menjelaskan, jika dari ke 4 desa diikuti 30 Bacakades. “Ada 30 peserta dari 4 desa, dari Meranti Jaya ada 7 calon, Daspetah ada 6 calon, dari Renah Kurung ada 9 calon. Kemudian dari Desa Sosokan Cinta Mandi ada 8 calon,” terangnya.



Dalam pelaksanaan tes, menurutnya, penilaian hasil tes terbagi dari 2 item. Yaitu, tes tertulis dan juga seleksi administrasi. “Dari tes tertulis memiliki nilai 50% dan hasil seleksi administrasi ada 50%. Untuk tes tertulis penilaian dilakukan dari tim UNIB, sedangkan administrasi dinilai boleh tim dari kabupaten dan juga tim dari desa,” ungkap Iwan. (320)